Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kembali di tahun 2021 mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan Program Kecapakan Wirausaha (PKW), bidang keahlian desain grafis.

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, di Barabai, Kamis (9/9), mengatakan pelaksanaan PKW 2021 dapat berjalan lancar, karena satu sisi diiringi tingginya minat generasi muda sebagai peserta, dan bisa jadi bekal untuk wirausaha. 

"Untuk tahun ini kouta peserta sebanyak 15 orang, pakai aplikasi program Corel Draw dan Photoshop, dua aplikasi ini dikombinasikan menambah kemampuan peserta mengolah ragam karya desain," katanya, beberapa waktu lalu.
 
Pembelajaran teori dan praktik PKW 2021 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Dijelaskan dia, selama ini memang peminat untuk pendaftar program kursus terbanyak di aplikasi operator komputer, namun bukan berarti desain grafis kurang peminatnya, tetapi karena memang belum begitu memasyarakat.

Penggunaan aplikasi desain grafis dikenal banyak orang hanya untuk mereka yang ingin bekerja di percetakan atau sablon, padahal banyak kerajinan dan desain kreatif yang bisa dihasilkan dengan aplikasi desain grafis.

Ia berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI),  memberikan persetujuan pelaksanaan PKW dengan desain grafis, karena akan memberikan alternatif keterampilan yang lebih beragam.

"Dimasa pandemi ini kemampuan seseorang untuk membuat info grafis sangat penting, apalagi yang suka pemasarannya di media sosial, tentu butuh kemampuan mendesain yang baik, menarik dan isi pesan di desain mudah dipahami," katanya.
 
Pembelajaran teori dan praktik PKW 2021 (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Pihaknya bersyukur, lulusan PKK dan PKW di tahun-tahun sebelumnya telah dapat bekerja atau berwirausaha dan dapat memanfatkan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, begitu pun kemampuan mengajar aplikasi bagi instruktur juga lebih beragam.

Peserta PKW 2021, M Fajrianor, mengatakan berterima kasih untuk LKP Cakrawala Komputer dan Kemendikbud RI karena bisa mengikuti PKW tahun 2021, banyak keterampilan dan pengetahuan baru yang diperoleh.

Ditambahkan dia, tidak hanya teori namun juga dirangkai dengan praktek serta pendalaman materi perintisan usaha di bidang kewirausahaan, suasana pembelajaran juga tidak satu arah, namun diisi dengan diskusi untuk memperdalam materi.

Adapun pelaksanaan PKW di LKP Cakrawala Komputer dijadwalkan 200 jam, dimulai sejak tanggal 26 Juli lalu, diisi dari pemateri atau instruktur lembaga, juga dari unsur mitra dunia usaha dan industri serta dari lembaga permodalan.
 
Pembelajaran teori dan praktik PKW 2021 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021