Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2021 menjadi salah satu metode pengembangan wirausahawan muda secara nasional, termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), yang nantinya berdasarkan rencana nasional akan menjadi salah satu wilayah gerbang Ibu Kota Negara (IKN).

Peserta PKW, Sahdianor, di Barabai, mengatakan banyak bekal pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti program PKW, selain itu juga memacu semangatnya untuk berwirausaha, merajut asa dan menggapai mimpi untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, untuk diri sendiri, keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Program PKW mengajarkan banyak hal yang perlu diketahui dan nantinya bisa diaplikasikan, baik di dunia usaha, kerja dan industri, walaupun menempuh perjalanan cukup jauh ke tempat kursus, tetap bersemangat karena orang tua juga sangat mendukung," katanya, yang merupakan alumni PKW di LKP Cakrawala Komputer, Barabai.

 

Baca juga: Tiga kelompok rintisan usaha PKW HST 2021 kembangkan jasa desain grafis

Dijelaskan dia, bersyukur bisa terpilih menjadi salah satu peserta didik di LKP Cakrawala Komputer, bersama para peserta didik lainnya mengikuti pembelajaran selama 200 jam, metode pelatihan dalam bentuk teori, praktik serta dirangkai bimbingan rintisan usaha sangat tepat diterapkan, juga arahan menggunakan media sosial sebagai media pemasaran produk dan jasa.

Ia mengaku tidak ingin hanya sebagai penonton ketika daerahnya manjadi salah satu gerbang IKN, ia ingin menjadi salah satu warga yang produktif dan memiliki keterampilan yang mumpuni sehingga bisa bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Tak dipungkiri, ada kekhawatiran tersendiri kalau generasi muda di daerah hanya berpangku tangan dan tidak mau belajar serta meningkatkan kompetensi diri, akan makin ketinggalan dan lahan usaha yang mestinya bisa digarap warga lokal nantinya malah tidak maksimal meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Alhamdulillah telah bisa menyelesaikan program PKW, dan bersama kawan-kawan di rintisan usaha Media Net saat ini kami menawarkan jasa pengetikan serta pembuatan desain grafis, serta menjadi membanggakan apabila dengan usaha sendiri bisa mendapatkan penghasilan dan membantu keluarga," katanya.

Baca juga: Tiga kelompok rintisan usaha PKW HST 2021 kembangkan jasa desain grafis

Dirinya tak menampik, punya mimpi sendiri yakni bisa memiliki percetakan yang besar agar nantinya bisa menghasilkan penghasilan besar, menyerap tenaga kerja di sekitar serta ingin pula menularkan semangat wirausaha untuk generasi muda, sehingga mereka juga tidak hanya ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja tetap juga lebih berpikir ke depan supaya hidup maju.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HST, Hj Meldawati, menyampaikan apresiasi peran LKP, Cakrawala Komputer, Cahaya Komputer,  dan Family, dalam pelaksanaan PKW tahun 2021, bantuan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Pelaksanaan pelatihan sesuai bidang keahlian yang diajarkan masing-masing, seperti desain grafis di LKP Cakrawala Komputer, Percetakan dan Sablon di Cahaya Komputer, serta tata boga di Family Home," katanya.

Kepada para peserta didik nantinya agar menerapkan pengetahuan, keterampilan yang diperoleh, baik untuk berwirausaha sesuai kelompok rintisan usaha yang ingin dikembangkan maupun bekerja.

Baca juga: Video-Peran nyata PKW 2021 tumbuhkan jiwa wirausaha muda di daerah

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, mengatakan bersyukur pelaksanaan PKW di lembaga kursus dan pelatihannya telah terlaksana dengan baik dan lancar, pembelajaran keterampilan, kewirausahaan, dan rintisan usaha di bidang desain grafis telah dilaksankaan dengan durasi 200 jam.

Pihaknya dari tim instruktur LKP Cakrawala komputer berterima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atas amanah yang diberikan di tahun ini.

"Para peserta didik kami yang rajin, disiplin, tekun dan penuh semangat mengikuti pembelajaran, serta dukungan dari instruktur dan pembimbing lainnya dari dunia industri, dunia usaha dan kerja yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu,"  katanya.

Diharapkan dia, apa yang telah dilakukan dan dikontribusikan melalui program ini menjadi bernilai ibadah, membekali para peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman kerja, mengatasi pengangguran, membuka lapangan kerja baru dan menggiatkan semangat berwirausaha, tetap semangat, berkarya, dan mengembangkan kompetensi diri.

Baca juga: PKW 2021 : Generasi muda HST mulai gemari desain grafis bekal wirausaha

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021