Kaukus Perempuan Politik Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung provinsinya sebagai 'tuan rumah" atau pelaksanaan "Women 20" (W20) Tahun 2022.

Ketua Kaukus Perempuan Politik Kalsel Hj Dewi Damayanti Said SE MM menyatakan dukungan itu melalui WA-nya, Kamis (17/3/22) sehubungan kepercayaan pemerintah pusat yang menunjuk provinsinya tuan rumah W20.

W20 merupakan rangkaian G20 (pertemuan negara-negara maju) atau kegiatan berskala internasional dan Indonesia sebagai tuan rumah pada Tahun 2022.

Menurut dia, kepercayaan sebagai tuan rumah W20 merupakan tantangan dan peluang bagi Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Berbicara mengenai tantangan, ujar "Srikandi" Partai Golkar tersebut, berarti perempuan-perempuan Kalsel untuk terus meningkatkan kualitas sesuai tuntunan dan perkembangan zaman.

"Sebagaimana halnya kita saat ini berada pada era globalisasi dan digitalisasi. Kita harus berupaya lebih maksimal mengikuti, jangan sampai jauh ketinggalan," lanjut anggota DPRD Kalsel tersebut.

Sedangkan peluang, menurut putri almarhum HM Said (Gubernur Kalsel dua periode) tersebut, perempuan-perempuan di provinsinya berkesempatan atau terbuka untuk berkarier, baik dalam pemerintahan/eksekutif maupun dunia politik/legislatif serta bidang lain seperti usahawan dan lainnya.

"Kesemua itu asalkan perempuannya sendiri mempunyai kemauan, yang sudah barang tentu disertai dengan kemampuan seperti sumber daya yang mempuni,"  ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

"Alhamdulillah di Kalsel kemajuan kaum perempuan sudah tampak walau belum maksimal, tapi cukup memberi warna, baik dalam dunia politik maupun pemerintahan dan lainnya, lanjut wakil rakyat kelahiran Banjarmasin Tahun 1972 itu.

Sebagai di pemerintahan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sudah ada banyak perempuan yang menduduki jabatan eselon II atau kepala dinas/badan.

Begitu pula dalam dunia politik sudah ada kaum perempuan yang menjadi anggota legislatif, baik tingkat pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota, demikian Dewi Damayanti Said.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel HM Lutfi Saifuddin SSos menyatakan mendukung pelaksanaan W20 di provinsinya yang dijadwalkan, 22 - 24 Maret 2022.

"Kami dari DPRD Kalsel terutama Komisi IV siap mendukung pemerintah provinsi (Pemprov) setempat sebagai tuan rumah W20 seperti halnya dalam penganggaran guna menyukseskan pertemuan berskala internasional tersebut," tegasnya.

Pernyataan Ketua Komisi IV tersebut saat rombongannya pertemuan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Jakarta (11/3/22) terkait kesiapan Kalsel tuan rumah W20.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022