Sebanyak enam putra dan putri Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Kalsel setelah melalui tes selama tiga hari di Stadion Murakata Barabai, Rabu (9/3).
 
Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporapar HST, Hj Jumratil Kiptiyah mengungkapkan, sebanyak 114 siswa-siswi SMA Sederajat yang ada di HST sebelumnya telah mengikuti seleksi Calon Paskibraka mulai dari psikotest, kesehatan, kesamaptaan, PBB dan wawancara.
 
Menurutnya, dari 114 peserta itu, diseleksi sebanyak 45 orang yang akan menjadi Paskibraka di Kabupaten HST pada peringatan HUT ke-77 RI  tanggal 17 Agustus 2022 nanti. Namun pengumuman kelulusan untuk Kabupaten nanti disurati ke sekolahnya masing-masing.
 
"Hari ini kita umumkan terlebih dulu sebanyak enam orang terbaik yang akan mewakili HST ke seleksi tingkat provinsi, yaitu tiga putra dan tiga putri," katanya.
 
Mereka yang lolos mewakili HST ke Provinsi untuk putra yang pertama adalah M Rahman Rahmadani dari SMAN 2 Barabai warga Desa Durian Gantang Kecamatan LAS, kedua yaitu Didi Suripto dari SMAN 1 Barabai warga Desa Bangkal Kecamatan LAS, ketiga yaitu Adistya Rizky Saputra dari MAN 1 HST Warga Desa Mandingin Kecamatan Barabai.
 
Sedangkan untuk putri yaitu Meta Fahrena Widyani dari SMAN 1 Barabai, Rahma Novitasari dari MAN 1 HST warga Jalan Perintis Kemerdekaan, Benawa Tengah Kecamatan Barabai dan Amellia Ananda dari MAN 2 HST warga Komplek Benawa Indah Barabai.
 
Hj Jumratil Kiptiyah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung seleksi Capaska 2022 ini seperti tim seleksi, TNI-POLRI dan jajaran Purna Paskibraka HST hingga berlangsung tertib dan aman.
 
Sedangkan Ketua Pengurus Kabupaten Purna Paskibra Indonesia (PPI) HST H Aidi Rozain berharap, enam orang perwakilan Kabupaten HST itu terus meningkatkan latihan guna persiapan seleksi di tingkat provinsi.
 
"Kami berharap dari enam orang itu ada yang lolos di Provinsi dan lebih-lebih bisa mengharumkan nama HST dengan lolos di tingkat pusat," kata H Aidi Rozain yang juga merupakan Camat Labuan Amas Selatan (LAS) tersebut.
 
Ia juga sangat mengapresiasi karena ada dua orang pelajar di wilayahnya Kecamatan LAS yang lolos untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi yaitu M Rahman Ramadani dari Desa Durian Gantang dan Didi Suripto dari Desa Bangkal.
 
"Semoga melalui seleksi Capaska ini menjadi modal dasar serta pengalaman mereka guna peningkatan kapasitas dirinya seperti melatih fisik, kesehatan, kedisiplinan dan kreativitas. Pengalaman ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang nanti punya cita-cita menjadi abdi negara seperti TNI dan POLRI ataupun masuk di dunia kerja lainnya," tutupnya.
Enam orang Calon Paskibraka HST yang terpilih mengikuti seleksi tingkat provinsi Kalsel bersama jajaran Disporapar HST (ANTARA/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022