Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) menggelar peringatan Hari Sampah Nasional, Senin (21/2).

Plt Kepala DLHP HST H Mursyidi menyampaikan, ada serangkaian kegiatan yang dilakukan pada hari sampah tersebut sebagai sarana edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat agar lebih peduli dengan sampah.

Diantara adalah kampanye peduli sampah oleh pasukan oranye kepada masyarakat, gerakan pungut sampah di wilayah jalan lingkar Walangsi-kapar dan Lauching gerakan peduli sampah terpilah oleh Bupati.

Selain itu menurutnya, acara juga dirangkai dengan penyerahan secara simbolis 100 tumbler bagi pasukan oranye, pemberian bonus penghargaan bagi tiga tim dan tiga orang pasukan yang paling banyak menabung sampah.

"Kami juga memberikan bonus pemberian penghargaan kepada satu orang sopir senior yang paling lama berkarya di DLHP lebih dari 25 Tahun," ujarnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut seluruh komponen masyarakat bisa lebih peduli dengan sampah melalui prinsif 3R yaitu Reduce, Reuse, Recycle.

"Baik melalui pembentukan bank sampah untuk sampah an organik, melalui budidaya maggot untuk sampah organik, perbanyak ecobrick di sekolah, pembuatan eco enzyme sisa buah-buahan dan sarana pemanfaatan sampah lainnya," tutupnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022