Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dra Hj Nurliani Dardie MAP  berharap, "library kids" menjadi solusi buat anak yang terus main HP.

"Karenanya kami mencoba merancang dan menawarkan library kids atau salah satu bentuk perpustakaan ramah anak," ujarnya di sela-sela pengunjung perpustakaan milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel itu, Sabtu (19/2/22).

Sebagai penoreh prestasi terbaik se Indonesia dalam Indeks Pembangunan Literasi tertinggi dan pengeloaan arsip yang sangat baik, Dispersip Kalsel yang berlokasi di Jalan A Yani km6 Banjarmasin menyediakan tempat khusus untuk anak-anak di lantai dasar atau dengan sebutan beken Library Kids.

Menengok kedalam, ditemukan ruangan luas warna warni dengan dekorasi khas anak-anak serta tatanan rapi, bersih dan sangat nyaman. Rak buku dan aneka permainan anak-anak bisa ditemukan disini serta untuk menambah paripurna ruangan dilengkapi AC. 

Tak heran jika banyak anak-anak yang datang dan betah berlama-lama, terlebih buku-buku yang ada juga buku terbaru dengan kondisi yang baik terawat. 

"Waw, ada banyak permainan juga" itulah kalimat pertama yang diucap Anindya Putri Iriyandy tatkala masuk ke perpustakaan anak-anak di Disoersip Kalsel tersebut. 

Respon girang anak-anak itu tentunya sebuah kejujuran yang tidak dibuat-buat. Hal tersebut makin mengokohkan keberadaan perpustakaan yang di nakhodai Bunda Nunung (sapaan lain Kepala Dispersip tersebut) sebagai tempat yang ramah anak.

Anindya Putri Iriyandy, anak kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ukhuwah Banjarmasin yang biasa dipanggil Anin berjalan dari rak ke rak buku, tampak kebingungan memilih koleksi buku yang ada. 

"Bagus semua, yang mana dulu ya? " kata Anin yang hari ini ditemani ibundanya - Nurul Rahmi.

Memang di perpustakaan ini selain anak-anak, orangtuanya juga tampak senang menemani buah hati masing-masing. Selain bisa sambil belajar, tempat ini juga merupakan sarana bermain dan bersosialisasi bagi anak-anak.

"Perpus (perpustakaan) pal enam ini keren, ga kaya perpus biasa yang pengelolaan seadanya. Disini nampak sekali dirawat dengan baik. Koleksi buku banyak, ada permainannya dan petugasnya ramah-ramah pula," tutur Rahmi.

"Sangat baik untuk anak-anak, alternatif tempat jalan, daripada di rumah main handphone terus," lanjut ibundanya Anin yang juga dosen Bimbingan Konseling di Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. 

Sebagai informasi, Library Kids yang bertempat di Jalan A Yani kilometer 6 Banjarmasin buka dari Senin - Minggu, dan pada hari-hari tertentu juga ada pendongeng yang siap memberi hiburan kepada anak-anak.
Anindya Putri Iriyandy, murid Kelas 1 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ukhuwah Banjarmasin bersama ibunya Nurul Rahmi saat berada di Perpustakaan Daerah milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Jalan A Yani km6 Banjarmasin, Sabtu (19/2/22). (Istimewa)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022