Sejumlah awak media yang tergabung dalam Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) gelar kegiatan wartawan masuk sekolah yang bertajuk kelas inspirasi untuk para pelajar di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (15/2).
 
Ketua Pelaksana, Jamaluddin mengatakan tujuan acara tersebut untuk memberikan edukasi jurnalistik dasar dan pengetahuan kepada siswa tentang bijak bermain media sosial serta memperkenalkan profesi Jurnalis.
 
"Kita juga berbagi pengalaman bagaimana kerja Jurnalis dan apa saja metode yang dilakukan dalam mencari dan menyampaikan informasi," kata seorang Wartawan media cetak itu.
 
Ada sebanyak 60 siswa dan siswi kelas VII, VIII, IX yang berpartisipasi. "Inti kegiatan ini adalah menjalin silaturahim dan belajar bersama, kita ingin isu pendidikan itu lebih banyak dipublikasikan oleh media mainstream. Kita beri porsi yang sama dengan isu lainnya seperti politik, olahraga dan lainnya," katanya.
 
Kepala SMP Negeri 1 HST, Henny Fitriyani mengapresiasi program wartawan masuk sekolah yang digagas Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan.
 
"Sebuah program yang luar biasa dari insan pers. Kita punya semangat yang sama dengan program literasi siswa di SMPN 1 HST," ujarnya.
 
Baginya, materi tentang dasar jurnalistik bermanfaat bagi siswa. Ia berharap setelah mengikuti kegiatan ini, siswa lebih tertarik lagi dengan dunia jurnalistik serta bisa menyaring berita. 
 
Siswa antusias mendengarkan pemaparan materi dari para wartawan, yakni Jamaluddin sari media Radar Banjarmasin, M Taupik Rahman dari media LKBN Antara, HN Lazuardi dari media apahabar.com, dan Hendra Ansari dari Jurnalis Post. 
 
Lebih meriah dan menarik lagi dengan adanya doorprize dan hadiah bagi para peserta yang punya keberanian untuk bertanya. Kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pendidikan, DPRD, dan PT AGM.
Wartawan masuk sekolah di SMPN 1 HST (ANTARA/M Taupik Rahman)

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022