Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo, terkait pencegahan dan penanganan  COVID-19 varian Omicron.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, mengatakan ada peningkatan kasus COVID-19 di HSS, menurut data ada enam orang, tiga orang dirawat dan tiga orang isolasi mandiri.

"Hari ini tadi vidcon bersama Presiden RI, dijelaskan tentang perkembangan COVID-19 varian Omicron, ternyata Omicron ini perkembangannya empat kali lebih cepat ketimbang Delta," katanya, saat memberikan arahan membuka rakor, Senin (7/2) malam.

Baca juga: Vaksinasi ketiga Kejari HSS dukung program pemerintah wujudkan herd immunity

Dijelaskan dia, di Jakarta cukup signifikan perkembangannya, namun penanganan juga sangat bagus dengan di atas rata-rata standar WHO, presiden mengharapkan agar Jakarta menjadi contoh dalam hal penanganan COVID-19, secara angka tinggi tetapi penanganan sudah sangat bagus.

Ada dua kata kunci penting yang ditekankan dalam arahan yang disampaikan Presiden RI tersebut, menghindari terjadinya lonjakan Omicron yaitu percepatan vaksinasi di seluruh daerah, baik itu vaksinasi lengkap, vaksinasi lansia, vaksinasi anak, dan termasuk vaksin dosis II, serta tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Ia meyakinkan masyarakat bahwa COVID-19 masih ada, baik itu varian Delta atau Omicron, yang pasti dari angka setiap hari bertambah, Presiden RI dalam arahannya mengatakan bahwa jangan semua orang yang positif dimasukkan ke rumah sakit, namun bisa diisolasi mandiri juga.

"Kemudian ada dua tugas pokok, pertama kita harus terus mengingatkan masyarakat bahwa COVID-19 masih ada, dan yang kedua protokol kesehatan harus selalu ditaati," katanya.

Baca juga: HSS peringati hari kanker sedunia, tingkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan HSS, Hj Siti Zainab, mengatakan  untuk data Covid-19 terbaru, untuk kasus yang aktif ada enam orang, di mana dirawat di rumah sakit ada tiga orang, yang dirawat di rumah sakit ini memang kronologisnya baru satu kali vaksinasi, kemudian yang isolasi mandiri ini ada yang belum vaksinasi sama sekali.

Disampaikan pula data cakupan manual vaksinasi di HSS per tanggal 7 Februari 2022, untuk vaksinasi program 179.527 orang, yang sudah divaksin untuk tahap I, 84,47 persen atau sekitar 151.655 data terbaru sampai sore hari ini, dan untuk vaksin dosis kedua 45,42 persen sekitar 81.544 dan Vaksin ketiga 2,35 persen atau sekitar 4.217.

Rakor dihadiri Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, diikuti para asisten, para kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemkab HSS, serta para camat se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022