Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad bersama Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten HSS memperingati Hari Kanker Sedunia, yang dilaksanakan di halaman Gedung Perawatan VIP RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan.

Ia mengatakan, peringatan Hari Kanker Sedunia ini dapat menjadi upaya untuk mempromosikan riset kanker, pencegahan kanker, peningkatan pelayanan pasien kanker, kesadaran akan kanker, dan mendorong semua pihak untuk bersama-sama melawan kanker.

“Saya juga berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kanker. Sekaligus untuk mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker karena kanker dapat disembuhkan, asalkan tidak terlambat dan tepat dalam penanganan,” katanya, saat sambutan, Jum'at (4/2).

Baca juga: Pengurus YKI HSS jadi yang pertama dikukuhkan di Kalsel

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan, khususnya bagi para dokter, perawat dan semua pihak yang selama ini telah menangani pasien kanker.

Tetap berikan pelayanan terbaik, serta memberikan semangat dan dukungan kepada mereka.

YKI Cabang HSS diharapkan dapat terus memberikan sosialisasi, workshop dan kegiatan lainnya, yang dapat dilaksanakan untuk menunjang dan mewujudkan visi misi organisasi.

YKI memiliki peran strategis dalam upaya penanggulangan kanker baik dalam hal promotive, preventive maupun supportif, agar ke depan penderita kanker di HSS dapat berkurang sembuh dan tidak bertambah.

Seusai memberikan sambutan, wabup didampingi Ketua YKI Cabang HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad dan Wakil Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan memberikan bingkisan kepada perwakilan survivor (pasien) kanker, yang dilanjutkan dengan pelepasan balon dan dua ekor burung dengan harapan dapat saling mengasihi antar makhluk hidup.

Ditemui usai kegiatan, salah seorang pejuang kanker Khusnul Khotimah mengajak seluruh pasien kanker untuk dapat bergandeng tangan, saling memotivasi satu sama lain dan tidak mengeluhkan keadaan yang hanya akan memperburuk keadaan.

“Kita harus tetap semangat, harus positif thinking dan juga happy. Jangan divonis kanker hidup harus berhenti dan hancur segala-galanya. Yang penting kita harus tetap semangat dan dapat bermanfaat untuk orang dan dapat memotivasi orang lain di luar sana,” katanya.

Baca juga: Peringatan Hari Gizi Nasional HSS angkat tema cegah stunting dan obesitas

Adapun Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) diperingati setiap tanggal 4 Februari, memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap kanker. Peringatan ini juga memiliki peran penting dalam pendorong segala upaya promotif, pencegahan, deteksi dini, pengobatan dan rehabilitatif.

Di HSS peringatan dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini, tema Hari Kanker Sedunia adalah "Close The Care Gap", yang berarti menutup kesenjangan perawatan. Saat ini, untuk banua enam tercatat sebanyak 26 orang yang tengah berjuang untuk melawan kanker.

Turut hadir, Pimpinan Bank Kalsel Syariah Indonesia (BSI), Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Pimpinan Bank BRI Cabang Kandangan, Pimpinan Bank BNI Cabang Kandangan serta Survivor (pasien) kanker.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022