Tiga murid Sekolah Dasar Kecil (SDK) Raranum Desa Langkap, Kecamatan Tebing Tinggi sangat antusias dikunjungi dan diberikan buku oleh perpustakaan daerah Kabupaten Balangan.

Kepala Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan Tamrin di Paringin Kamis, mengatakan meski hanya tiga murid yang ada di SDK ini, namun tidak menyurutkan semangat jajaran Perpustakaan Daerah Balangan dalam memberikan motivasi untuk menanamkan minat baca pada generasi muda sejak usia dini.

"Justru anak-anak yang tinggal di pedalaman ini yang harus diberi motivasi lebih untuk membaca, sebelum terkontaminasi dengan kecanggihan teknologi berupa handphone," kata Tamrin.

Kepala Perpustakaan Daerah Balangan bersama guru SDK Raranum saat memberikan pelajaran di alam terbuka, Kamis (3/2/2022). ANTARA/ragil darmawan

Dia menyebutkan, perjalanan dalam mencapai SDK Raranum harus ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Paringin. Untuk mencapai Desa Langkap bisa menggunakan mobil, namun untuk menuju Dusun Raranum harus menggunakan sepeda motor.

Selain itu ia sangat bersyukur, akses jalan menuju sekolah terpencil ini sudah nyaman untuk dilintasi semenjak tahun 2018 lalu, setelah pembangunan jalan usaha tani dilakukan dari jalan utama desa menuju dusun.

Diketahui, Perpustakaan Daerah Balangan memberikan sumbangan sekitar 100 eksemplar buku bacaan buat siswa-siswi SDK Raranum yang keseluruhan hanya berjumlah tiga orang.

“Meskipun murid kami hanya tiga orang dari kelas lima dua orang dan kelas satu, satu orang, tapi dalam hal membaca mereka sangat antusias. Jadi sumbangan buku dari Perpustakaan Daerah ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi kami disini,” ucap Kepala SDK Raranum, Zainuddin.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022