Universitas Lambung Mangkurat  ( ULM ) di Kalimantan Selatan mempersiapkan masa transisi menuju pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum ( BLU ) yang kini tinggal menunggu ketetapan dari Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ).

"Kami berharap awal tahun ini juga ketetapan BLU , sehingga proses transisi dari Satker PNBP PTN menjadi Satker BLU PTN dapat segera berjalan," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin.

Dia mengaku optimis proposal BLU disetujui setelah presentasi di akhir tahun lalu berjalan lancar dan mendapat tanggapan positif dari tim penilai Kemenkeu .

Sutarto yakin perubahan menjadi BLU kedepan sangat berdampak positif bagi kemajuan universitas melalui penggunaan anggaran.

"Jika sudah BLU , simpanan ULM yang ditaksir lebih dari Rp500 miliar di kas negara bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan untuk kemajuan kampus," jelasnya.

Di sisi lain, Sutarto berharap atmosfer akademik terus meningkat baik setelah perubahan menjadi BLU agar apa yang dipercayakan negara terhadap ULM dapat diperlengkapi dengan torehan kinerja penuh prestasi.

Apalagi ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di pulau Kalimantan terakreditasi A, tambah dia, sangat diharapkan sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas di tanah Borneo .

"Gerak laju pembangunan harus didukung SDM yang dapat berkontribusi di segala bidang agar kemajuan daerah bisa lebih cepat dan merata," timpalnya .  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022