Wakil Bupati(Wabup) Hulu Sungai Selatan(HSS), Syamsuri Arsyad membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun 2023, tingkat Kecamatan Telaga Langsat.

Ia mengatakan, fokus pembangunan harus selaras dan terpadu mulai dari Pemerintah Desa (Pemdes) hingga pemerintah pusat, guna mencapai sasaran kinerja pembangunan tahun 2023.

"Dengan sinergisitas antara stakeholder yang diperoleh dengan kolaborasi program melalui pemetaan, terhadap usulan dan pelayanan berupa tugas fungsi perangkat terkait,” katanya, saat memberikan sambutan mewakili Bupati HSS, H Achmad Fikry, Selasa (18/1).

Dijelaskan dia, pelaksanaan Musrenbang RKPD TA 2023 hari ini juga disambut baik Bupati HSS, yang mana RKPD tahun 2023 merupakan tahun kelima  penjabaran visi misi RPJMD periode tahun 2018-2023.

Baca juga: Pemkab HSS anggarkan PRS Rp3 milyar bangun 222 unit rumah layak huni

Pada tahun 2023 Musrenbang RKPD akan difokuskan pada usaha mikro kecil dan industri kecil, investasi hilirisasi pariwisata dan pertanian, serta kesehatan pendidikan dan keterampilan.

"Tak lupa juga kami dalam kesempatan ini mengingatkan dan kembali mengajak untuk terus mematuhi protokol Kesehatan yang berlaku, karena pandemi yang masih belum berakhir walau vaksin telah mencapai angka minimal 70 persen," katanya.

Camat Telaga Langsat, Sar Ipansyah, mengatakan musrenbang hari ini berdasarkan Pra Musrenbang tingkat kecamatan yang menghasilkan 22 usulan pendek dan 95 usulan panjang.

Pihaknya berharap usulan-usulan tersebut bisa diakomodir oleh instansi terkait dengan kegiatan, baik usulan yang direncanakan maupun usulan yang di ajukan pemerintah desa.

Sebelum dibukanya musrenbang, wabup terlebih dahulu menyerahkan Penghargaan Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada beberapa desa di Kecamatan Telaga Langsat.

Baca juga: Pemkab HSS jalin kerja sama publikasi dengan Antara

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga diserahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang ada di Kecamatan Telaga Langsat.

Ketua DPRD HSS, H Akhmad Fahmi, mengatakan bahwa DPRD HSS menyatakan kesiapan dalam upaya memberikan dukungan terhadap usulan-usulan prioritas di Kecamatan Telaga Langsat.

"Saya juga mengusulkan kepada dinas terkait untuk pengadaan kendaraan operasional bidan desa, serta pemeliharaan jalan di sekitar Kecamatan Telaga Langsat," katanya.

Turut hadir, Wakil Ketua I DPRD Rodi Maulidi dan Wakil Ketua II DPRD H. Muhammad Kusasi, asisten, staf ahli, kepala SKPD, kapolsek,danramil, MUI kecamatan, para kepala desa, perangkat desa dan Forum Anak di Kecamatan Telaga Langsat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022