Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS kembali menjalin kerjasama publikasi pemberitaan dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalimantan Selatatan (Kalsel) serta 15 media cetak, online dan elektronik lainnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2022 ini Diskominfo mengundang secara langsung pimpinan media atau perwakilan secara langsung, dalam rangka mempererat silaturrahmi, bertempat di kantor dinas setempat.

Baca juga: Sosialisasi Diskominfo HSS sisir warga Daha dukung vaksinasi dari rumah ke rumah

"Perjanjian kerjasama antara media dengan Pemkab HSS tersebut tentang pemberitaan pembangunan, sesuai dengan kode etik jurnalistik dan undang-undang yang berlaku di Indonesia," kata Sekretaris Diskominfo HSS, Sugeng Arianto, Rabu (12/1).

Dijelaskan dia, dalam perjanjian kerjasama tersebut, Diskominfo HSS juga mengelar sosialisasi aplikasi Si Open kepada pimpinan dan perwakilan media yang menjalin kerjasama dengna Pemkab HSS.

Sosialiasi Si Open disampaikan Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa sebagai UKPBJK HSS kepada media sebagai penyedia barang dan jasa, sosialisasi ini bertujuan untuk pendalaman sistem order di bawah Rp50 juta.

Ke depannya, melalui Si Open semua transaksi bisa dilihat secara transparan, dan terkait dengan media yang menjalin kerjasama bisa dilakukan kontrak selama satu tahun, tanpa melalui Si Open.

Baca juga: PKK HSS sosialisasi cerdas berinternet dan peningkatan pendapatan keluarga

"Mengapa media tidak melakukan kerjasama melalui Si Open, karena media tarifnya sudah jelas dan rutin dilakukan, seperti listrik, PDAM sehingga tidak masuk Si Open," katanya.

Ditambahkan dia, hal ini juga sesuai dengan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 untuk hal yang dikecualikan, jadi terkait dengan perjanjian kerjasama media bisa tidak melalui Si Open.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022