Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Dr Muhammad Akbar mengatakan siap melakukan percepatan pelayanan terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) sebagaimana fungsi dari lembaga yang dia pimpin.

Pada pisah sambut Kepala LLDIKTI Wilayah XI dari Profesor Udiansyah ke Dr Muhammad Akbar Rabu (13/1/2022) disampaikan, terjadi perubahan yang cukup besar, terhadap sistem organisasi dari sebelumnya Kopertis menjadi LLDIKTI.

"Saat ini fokus LLDIKTI adalah mendukung seluruh PTS melalui efektivitas pelayanan sebagai upaya meningkatkan kualitas perguruan tinggi swasta, sehingga bisa lebih berdaya saing," katanya.

LLDIKTI wajib memberikan servis dan informasi secara cepat kepada seluruh PTS, terhadap setiap perubahan, baik regulasi dan program yang terjadi, sebagai upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, untuk kepentingan mahasiswa dan masyarakat luas.

Dampak dari perubahan dan efektivitas pelayanan tersebut, tambah Akbar, diyakini akan mampu mendorong PTS menjadi lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, Dr Muhammad Akbar juga menyampaikan, terpilihnya dirinya menggantikan Prof Udiansyah yang telah purna tugas, setelah mengikuti berbagai tahapan pengujian.

Menurut dia, sebelumnya terdapat 15 orang sekretaris LLDIKTI yang mengikuti tahap seleksi tersebut. Dari 15 orang, lima orang diantaranya dinyatakan lulus.

Dari lima orang yang lulus, satu orang mengisi posisi direktur lembaga dan empat orang menjadi Kepala LLDIKTI.

"Bersyukur dari empat orang Kepala LLDIKTI yang ditunjuk tiga orang, yaitu dari Banjarmasin, Makasar dan Ambon, kembali ke daerah masing-masing," katanya.

Terkait kelembagaan, kata dia, pada 2021 masih ada koordinator dan sub koordinator kembaga, namun diharapkan 2022 kedua jabatan tersebut sudah tidak ada.
 

Pisah sambut Kepala LLDIKTI Wilayah XI dari Profesor Udiansyah ke Dr Muhammad Akbar Rabu (13/1/2022) (ANTARA/HO/ Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan)

Sebelumnya, Dr Muhammad Akbar dilantik menjadi Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan menggantikan Profesor Udiansyah yang telah memasuki masa purna tugas.

Upacara pelantikan terhadap Dr M Akbar dilaksanakan Gedung Kementerian Penddikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek) di Jakarta, Kamis (6/1/2022) bersama dengan pelantikan pejabat lainnya.

Dr M Akbar yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris LLDIKTI XI Kalimantan sejak 2018, dilantik menjadi Kepala LLDIKTI XI Kalimantan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir Suharti MA PHD bersama 201 pejabat lainnya di lingkungan Kemendikbudristek.

Pewarta: -

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022