UPT Puskesmas Uren Kecamatan Halong Kabupaten Balangan memenangkan Lomba Inovasi Balangan (Bailang) tahun 2021 kategori BLUD/UPT Puskesmas dengan Inovasi Mari Kita Nyalakan Alarm Persalinan (Makan Apel).

Kepala UPT. Puskesmas Uren Kecamatan Halong Rahmat Yusliansyah, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah membantu dalam pencapaian hasil yang mereka raih tersebut.

"Untuk Puskesmas Uren alhamdulillah ada dua kategori yang kita dapatkan," ungkap Rahmat di Paringin, Minggu.

Inovator Mari Kita Nyalakan Alarm Persalinan (Makan Apel) Susilawati menambahkan, Makan Apel atau Alarm Persalinan ini memang sangat bermanfaat, khususnya untuk masyarakat di Desa Marajai Kecamatan Halong.

"Masyarakat disana masih banyak yang belum bisa baca tulis, dan juga waktu itu disana belum ada jaringan. Jadi dalam menyampaikan informasi kepada mereka untuk memeriksakan kehamilan sangat susah," tambahnya.

Menurut Susilawati, jadi kalau alarm tersebut berbunyi, mereka dapat mengerti bahwa pada hari tersebut jadwal mereka untuk memeriksa kandungannya.

Bappedalitbang Balangan saat melaksanakan sidang majelis pertimbangan kelitbangan dan pelaksanaan inovasi daerah Kabupaten Balangan. ANTARA/rd



Wakil Bupati Balangan Supiani, sangat mengapresiasi penyelenggara Lomba Inovasi Balangan (Bailang) yang sudah bekerja keras mewujudkan inovasi-inovasinya.

Supiani mengatakan, wujud dari inovasi adalah meningkatnya kinerja satuan kerja masing-masing dan yang lebih penting, dalam rangka memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Balangan.

"Kami terus mendorong semua SKPD untuk berinovasi, karena ini salah satu kunci penting terwujudnya pemerintahan yang baik," pungkasnya.

Diketahui, penerima penghargaan terbaik I kategori SKPD, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Balangan. Nama inovasi One Village One Data (Ovod). Dengan Inovator Fakhriyanto. Terbaik II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Kas Umum Elektorinik (E-BKU), dengan inovator perangkat daerah. Terbaik III Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Sistem Informasi Melayani Dengan Segera (Si Manis) dengan inovator perangkat daerah.

Selanjutnya, penerima penghargaan terbaik I kategori BLUD/UPT Puskesmas, UPT Puskesmas Uren. Nama inovasi Mari Kita Nyalakan Alarm Persalinan (Makan Apel), dengan inovator Susilawati. Terbaik II UPT. Puskesmas Uren, Kartu Data Umum Terpantau Lima Imunisasi (Kadut Mail) dengan inovator Dwi Kartika. Terbaik III BLUD/RSUD Balangan, Pengelolaan Sampah Domestik dan Medis (Papah Modis) dengan inovator Hendra Mayedi Ganie.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021