Para kaum muda dari berbagai organisasi dan komunitas bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin, kembali bersihkan sungai. 

Aksi seribu tangan bersihkan Sungai Tapin itu, juga menggandeng masyarakat di lokasi pembersihan. Kelurahan Kupang, Rangda Malingkung dan Rantau Kanan menjadi target sasaran, karena dinilai terparah untuk sampah rumah tangganya. 

Ketua Panitia Pelaksana Mislani, aksi itu merupakan tindaklanjuti dari kegiatan observasi Sungai Tapin beberapa waktu lalu. 

"Aksi nyata kita ini juga melibatkan masyarakat setempat. Hal itu dilakukan agar menimbulkan romantisme antara masyarakat dan lingkungan sungai," ujarnya di laporkan Selasa. 

Bagi, Aisya Nabila (17) sungai merupakan hajat hidup orang banyak, sudah seharusnya bersih. Hal itu lah yang menggerakkan niat untuk mengikuti kegiatan itu. 

"Bersama kawan kawan, kita yakin Sungai Tapin dapat pulih, bersih dan sehat," ujarnya. 

Pasukan kuning juga diturunkan DLH Tapin, untuk membantu peserta aksi. Sampah sampah di pinggiran sungai berhasil dievakuasi dan diantar ke pembuangan akhir. 

Komunitas yang terlibat, mulai dari Banua Rantau Pencinta Sungai (Barangai), Duta lingkungan Hidup, Duta Pancasila, Duta Genre, Forum Anak Tapin, DKC Tapin, IPNU Tapin, IPPNU Tapin, Duta Pariwisata, Volunteer KUN Tapin, Gelas Budaya dan KM Tapin.
 
Bersihkan sungai Tapin (ANTARA / H.O - Barangai Tapin)

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021