Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin menggelar Trave Expo 2015 dalam rangka merayakan Hari Jadi (Harjad) ke-489 di Taman Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean dari 14-20 September 2015.

"Ada puluhan stand yang ikut memeriahkan Banjarmasin Trave Expo 2015, yang terdiri kalangan usaha kecil menengah (UKM), instansi pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara(BUMN), dan Perbankan," ujar Kepala Disperindag Kota Banjarmasin Esya Zain pada saat pembukaan pameran tersebut, Senin sore.

Menurut dia, gelar pameran produk dagang ini sudah yang ke-8 dalam setiap peringatan Harjad Kota Banjarmasin yang tepatnya jatuh pada tanggal 24 September 1526-2015, dan kali ini cukup istimewa karena digelarnya di tempat wisata Siring Sungai Martapura yang menjadi ikon pariwisata daerah ini.

"Antusias pedagang dan pengunjung dalam gelar ini cukup besar, diharapkan dengan adanya ini geliat perekonomian dan perindustrian daerah ini akan terus meningkat," ucapnya.

Dituturkan Esya, Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa harus bisa terus meningkatkan daya saing perdagangan produk-produk lokal, khususnya UKM, sebab dari sana akan tercipta banyak peluang usaha dan kerja bagi masyarakatnya.

"Harapannya, dengan semangat perdagangan dan perekonomian di daerah ini yang terus diupayakan, kesejahteraan masyarakat akan bisa dirasakan," ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Banjarmasin HM Thamrin mengatakan, kegiatan semacam ini sangat baik dilaksanakan, bahkan kalau bisa di setiap kesempatan ada digelarnya perayaan besar di kota ini, tujuannya agar terus menumbuhkan semangat bagi para penggiat UKM untuk terus berinovasi.

"Daerah kita ini kaya potensi, baik alam dan budayanya, mesti bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menjadikannya sebuah usaha kreatif yang bisa membawa kesejahteraan," ungkapnya.

Dia menuturkan, masyarakat yang kreatif dan bersungguh-sungguh untuk membangun usaha pastinya akan bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas, tidak akan kalah saing dengan produk inpor.

"Pemerintah sudah berkometmen akan membantu para penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM) ini, sebab dari sinilah akan tercipta kekuatan ekonomi daerah bahkan nasional ini," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015