Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menggelar bazar dari wirausaha mahasiswanya dalam rangkaian Gebyar Menara Vokasi 2021, di mana Poliban menjadi salah satu kampus politeknik yang ditunjuk Kemendikbud-Ristek.

Direktur Poliban Kalsel Joniriadi saat membuka pelaksanaan Bazar dan talkshow Enterpreneurship Training Unit (ETU) di atrium Duta Mal Banjarmasin, Rabu, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Poliban menggaungkan program Menara Vokasi 2021.

Sebagaimana tujuan kampus Menara Vokasi yang menjadi mercusuar untuk menerangkan pendidikan vokasi lebih luas lagi kemasyarakat, Poliban ingin menunjukkan ke publik beragam program kampus untuk peningkatan SDM mahasiswa, salah satunya kewirausahaan.

"Jadi kampus kita memiliki satu unit untuk kewirausahaan mahasiswa, mereka dibina dengan maksimal untuk bisa memiliki jiwa wirausaha," tutur Joniriadi.

Dalam kegiatan Bazar ini, ditampilkan beragam produksi dan kreativitas mahasiswanya, diantaranya kuliner, peoduk pertanian, perikanan dan lainnya.

Selain kegiatan Bazar ini, kata Joniriadi, disisipkan juga penyerahan hadiah dan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi sebanyak 6 orang.

Selain itu, penyerahan hadiah bagi para pembina mahasiswa berprestasi dan finalis duta kampus.

"Ini kegiatan setiap tahun dilaksanakan," papar Joniriadi.

Sementara itu, Wakil Direktur 3 Poliban Nurhidayati mengatakan, bahwa kewirausahaan mahasiswa kampusnya yang tergabung di ETU sudah cukup maju.

Bahkan, kata dia, secara nasional sudah berprestasi, salah satunya produk teh herbal dari kulit labu kuning yamg lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.

"Jadi sejumlah proposal tim wirausaha mahasiswa kita sudah yang banyak dapat dana hibah bantuan pusat untuk pengembangannya," papar Nurhidayati.
Poliban Kalsel gelar Bazar dalam rangkaian Gebyar Menara Vokasi 2021.(ANTARA/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021