Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah HSS, H Muhammad Noor, menghadiri syukuran panen padi Kelompok Tani (Poktan) Simpang Sanga, Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung.

Pada kesempatan tersebut, bupati menyerahkan alat penanam bibit padi atau rice planter , untuk Poktan Simpang Sanga yang kemudian dilanjutkan dengan menyemai padi secara simbolis pada areal persawahan.

Baca juga: Bupati HSS : Tanam padi Gogo dan penyerahan bibit untuk keswasembadaan daerah

"Syukuran hari ini merupakan hal yang istemewa, dikarenakan padi hasil Poktan Simpang Sanga yang dipanen merupakan yang ketiga kalinya di tahun ini, dan penyemaiannya pun dapat dilakukan empat kali dalam setahun, kata bupati, Kamis (25/11).

Dijelaskan dia, ini merupakan hal yang luar biasa, biasanya dalam setahun itu sekali tanam sekali panen, kalau di sini tiga kali panen dengan empat kali tanam. Menurutnya hal tersebut dimungkinkan, karena lahan sawah seluas 1.218 hektar tersebut terdapat irigasi sehingga pengairannya dapat lebih efesien.

Sesuai dengan yang pihaknya harapkan dari petani, dengan apa yang disediakan bisa dimaksimalkan. Kalau petani bagus pendapatannya, maka sejahtera petani kita, maka sejahtera pula HSS, karena sebagian besar penduduk HSS adalah petani.

Baca juga: JUT dan irigasi air tanah Dusun Hanau, Panjampang Bahagia diresmikan

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan bahwa vaksin merupakan tekad bersama dalam mempercepat herd immunity melawan COVID-19, dengan konsep mendekatkan pelayanan vaksin kepada masyarakat, diharapkan capaian vaksin yang sekarang baru mencapai 42,64 persen dapat ditingkatkan.

“Mari kita vaksinasi, karena target kita masih jauh dengan apa yang disampaikan oleh presiden,” ajak bupati.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021