Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an / Taman Pendidikan Al-Qur'an (TKA/TPA) Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS) melaksanakan wisuda santri dan santriwati untuk anak-anak se Kecamatan Sungai Raya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan di Gedung Serba Guna Binjai Datu, Desa Batang Kulur Kanan Kecamatan Sungai Raya dengan diikuti oleh 83 orang peserta santri dan santriwati.

"Wisuda kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan se kabupaten, dilaksanakan di masing-masing kecamatan berhubung kita masih dalam suasana pandemi COVID-19, untuk mengantisipasi jumlah peserta wisuda yang terlalu banyak," kata Panitia Pelaksana, Siti Huzaifah, Sabtu (20/11) lalu.

Baca juga: 1.133 Santri TK dan TPA HSS Diwisuda

Camat Sungai Raya, H. Mawardi, mengatakan agar kelak para santri yang diwisuda hari ini bisa menerapkan Al-Qur'an dalam melanjutkan studinya. Atas nama pemerintah daerah pihaknya mengapresiasi dan turut berbangga, atas dilaksanakannya wisuda anak-anak kita.

Diharapkan dia, mereka nantinya bisa menjadi generasi yang berakhlak sebagaimana tuntunan dalam Al-Qur'an, karena di tangan merekalah generasi penerus, kelak bangsa ini bisa sukses dan maju.

Direktur Daerah LPP TKA/TPA BKPRMI HSS, H. Muhammad Thalib, mengatakan pelaksanaan wisuda kali ini merupakan penyelenggaraan ketiga setelah dua kecamatan sebelumnya, yakni Daha Utara dan Daha Selatan.

"Setelah ini nantinya menyusul kecamatan-kecamatan lainnya. Kami selaku pihak BKPRMI daerah menyerahkan sepenuhnya kepada para anggota Keluarga Besar Ustadz (KBU) Kecamatan, untuk tempat dan waktu pelaksanaan wisuda," katanya.
 
Menurut dia, hal ini dilakukan agar kawan-kawan para ustadz dan ustadzah bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, karena hakekatnya wisuda para santri dan santriwati ini adalah sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi anak-anak.

Baca juga: 1.230 santri TK/TPA Al Qur'an HSS diwisuda

Atas segala jerih payah mereka selama dua atau bahkan tiga tahun dalam belajar membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, serta bagi para wisudawan dan wisudawati selepas ini agar jangan berhenti, karena masih banyak ilmu Al-Qur'an yang harus digali dan dipelajari.

Pelaksanaan acara khataman masa sekaligus wisuda santri TKA/ TPA ini dilaksanakan atau dipercayakan kepada TPA Darus Shalihin Desa Batang Kulur Kanan, bersama pengurus KBU Kecamatan Sungai Raya.

"Dikarenakan selain memiliki gedung tempat pelaksanaan acara yang representatif, juga karena di desa ini adalah merupakan yang terbanyak untuk jumlah anak-anak santri yang sudah dinyatakan lulus dalam ujian akhir atau munaqosah," katanya.

Turut hadir, Ketua MUI Kecamatan Sungai Raya, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSS, para ustadz dan ustadzah pengajar se kecamatan Sungai Raya dan orang tua wali santri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021