Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina meminta dilakukan percepatan menggerakkan vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (Lansia) karena baru 30 persen mencapai target sasaran.

Ibnu Sina di Banjarmasin, Rabu, memaparkan, saat ini pemerintah kota terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi, khususnya warga Lansia yang target sasarannya sebanyak 57.720 orang.

"Vaksinasi kita untuk keseluruhan sudah diangka 65 persen, untuk vaksinasi Lansia masih di bawah 50 persen tepatnya 30 persen," katanya.

Dia mengakui, gerakan vaksinasi bagi Lansia ini penuh tantangan, sebab banyak yang tidak ingin divaksin dengan alasan beragam, namun tentunya harus terus disosialisasikan dan dilaksanakan.

Pemerintah kota pula, kata Ibnu Sina, terus berupaya melakukan semaksimal mungkin pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran ibu hamil.

Menurut dia, langkah ini dalam rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) lingkup Kota Banjarmasin.

“Hari ini kita melaksanakan vaksinasi dalam rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK Kota Banjarmasin, sasarannya lebih spesifik Lansia dan ibu hamil," ucap Ibnu Sina.

Pelaksanaan vaksinasi Hari Kesatuan Gerakan PKK Kota Banjarmasin tersebut dilaksanakan di siring Sungai Martapura di Jalan RE Martadinata.

"Kita target hingga akhir tahun ini bisa mencapai 80 persen untuk vaksinasi suntik pertama," tuturnya.

Dia pun berharap, kekurangan angka target hingga 15 persen saat ini, yakni, target sasaran total di kota ini sebanyak 516 ribu bisa dicapai dalam waktu dekat.

Harapan lain yang disampaikannya saat itu agar instansi terkait yang menangangi vaksinasi tersebut bisa mengejar ketertinggalan angka capaian tersebut, sehingga kota berjuluk seribu sungai inj bisa menuju kota health immunity.

"Ayo bervaksin, datang ke puskesmas, gerai kemudian di posko di 5 kecamatan dan di akhir pekan pun akan tetap dilayani di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021