Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) menyelenggarakan Lomba Panahan Tradisional di Stadion 2 Desember Kandangan, di mana dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, HM Noor berpartisipasi dengan berlatih bersama altet panahan daerah setempat.

Ia mengatakan, Lomba Panahan Tradisonal ini diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) pada tanggal 29 November yang akan datang.

“Jadi, KORPRI berinisiasi untuk menyelenggarakan lomba panahan ini, karena memang kita berharap ini menjadi wadah untuk saling silahturahim antar pemanah yang ada di HSS," katanya, saat memberikan keterangan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sekda HSS serahkan bantuan sembako untuk keperluan pesantren dan LKSA

Dijelaskan dia, lomba ini sekaligus juga mengenalkan kepada para pejabat karena panahan juga merupakan olahraga sunnah, paling tidak pernahlah megang panah dan disamping ada para pemanah professional dan pelatihnya.

Pihaknya jadi mencoba dan berharap nanti bisa keterusan untuk latihan memanah, dan berharap dengan kegiatan ini bisa diteruskan menjadi wadah pembinaan bagi pemanah-pemanah tradisional yang ada di Kabupaten HSS.

Ia menyampaikan perlu berlatih untuk yang memiliki kemampuan, serta agar memberikan motivasi kepada yang orang lain minimal di lingkungan sekitar, supaya olahraga panahan tradisonal ini dapat membumi. Karena dalam memanah bukan hanya olahraga, melainkan dapat membentuk mental ketenangan dan disiplin.

“Rasanya dulu saya pernah berlatih dan asyik karena waktu melepaskan busur itukan ada sesuatu yang harus kontrol emosi yang harus kita jaga, jadi saya kira baguslah apalagi untuk kita olahraga bagi yang tua-tua ini,” katanya.

Baca juga: Sekda HSS ikuti peringatan HUT KORPRI secara virtual

Setelah mendapatkan arahan mengenai tata cara untuk membidik sasaran dari pelatih, selanjutnya Sekda HSS langsung mengambil panah dan busur untuk diarahkan ke target sasaran dengan jarak 50 meter.

Tampak antusias Sekda HSS dalam latihan memanah kali ini terlihat dari beberapa tembakan, tembakan busur yang pertama busur melenceng dan tidak mengenai sasaran, tembakan kedua sudah mulai mengenai target meskipun dengan nilai yang rendah, namun di tembakan ke tiga langsung mengenai target sasaran.

Turut berhadir, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata HSS, H. Martha Karya Saputra, Kepala Dinas Sosial, Nordiansyah, Kepala Satpol PP, H. Iwan Friady, M. AP, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian, Hendro Martono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hj. Siti Erma, Camat Sungai Raya, para pelatih serta atlit panahan HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021