Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSS bekerjasama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) HSS, menggelar Pekan Kebudayaan HSS Tahun 2021 dalam rangka Hari Jadi ke-71 HSS.

Disambut dengan Tari Bakanjar dari Kadamangan Loksado, Bupati HSS, H. Achmad Fikry, membuka secara resmi Pekan Kebudayaan HSS Tahun 2021, yang dilaksanakan di halaman Disdikbud setempat, ditandai pelemparan bola permainan roboh menara bersama Ketua DPRD HSS, H. Akhmad Fahmi, dan Kepala Disdikbud, Hj. Siti Erma,  Senin (15/11).

"Kami menyambut baik Pekan Kebudayaan HSS Tahun 2021 ini, dengan harapan adanya kegiatan kali ini dapat memunculkan prestasi anak-anak namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak terjadi kluster baru," kata bupati.

Baca juga: Haji Akhmad Fahmi terpilih aklamasi pimpin KPOTI HSS

Kepala Disdikbud HSS, Hj Siti Erma, melaporkan Pekan Kebudayaan HSS kali ini dilaksanakan dari tanggal 15 sampai dengan 20 November 2021, dengan kegiatan yakni lomba memasak nasi humbal, lomba menyanyi Lagu Banjar.

Selain itu, juga ada lomba permainan rakyat, seperti Balogo, Gulinding Kulikar, Roboh Menara, Katapel dan Sumpit, serta pagelaran Musik Kurung-Kurung, Musik Panting, Tari Bakanjar dan Bagasing.

Tujuan dilaksanakan Pekan Kebudayaan HSS salah satunya untuk memperkenalkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta peserta didik, sebagai generasi milenial pada kebudayaan terutama budaya tradisi.

Baca juga: Empat sekolah wakili HSS ikuti LSS tahun 2021 tingkat provinsi

“Pada kesempatan ini yang menjadi sasaran kegiatan adalah siswa-siswi SLTP dan SD di Kabupaten HSS dengan total jumlah siswa yang terlibat 325 orang, siswa SD 190 orang dan SMP 123 orang,” katanya.

Ditambahkan dia, meskipun Pekan Kebudayaan HSS digelar secara sederhana namun menyentuh empat obyek pemajuan kebudayaan, yakni pengetahuan tradisional, seni, olahraga dan permainan rakyat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021