Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengimbau warga waspada bencana alam yang setiap saat bisa muncul seperti banjir, angin kencang atau puting beliung hingga tanah longsor saat musin hujan ini. 

"Kami mengimbau warga Banjarbaru waspada bencana karena musim hujan seperti sekarang ini berpotensi terjadi banjir, angin puting beliung dan tanah longsor," ujarnya di Kelurahan Landasan Ulin Selatan Banjarbaru, Jumat. 

Pernyataan itu disampaikan wali kota usai penyerahan bantuan kepada warga RT 01 dan RT 02 di wilayah RW 01 Kelurahan Landasan Ulin Selatan yang menjadi korban puting beliung beberapa waktu lalu.

Bantuan yang diserahkan berupa kayu, seng dan Kalsi board untuk perbaikan rumah yang rusak diterjang puting beliung disaksikan Kepala Pelaksana BPBD Zaini, Camat Liang Anggang Adriannoor Rivai dan undangan lain. 

"Bantuan material bangunan termasuk uang dan family kid bertujuan untuk meringankan beban warga yang lagi kesusahan agar bisa memperbaiki rumahnya yang rusak akibat puting beliung," ucap wali kota.

Ditekankan, kewaspadaan terhadap bencana harus ditingkatkan warga karena Indonesia tengah dilewati badai La Nina sehingga berpotensi memunculkan terjadinya hujan deras dan puting beliung. 

"Kita semua tidak berharap terjadi lagi bencana puting beliung maupun banjir seperti awal tahun lalu sehingga kita harus waspada agar bisa terhindar dari bencana yang bisa merusak apa saja dan merenggut nyawa," ujarnya. 

Wali kota juga meminta warga selalu berhati-hati dan waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim yang sering terjadi akhir-akhir ini disamping juga menjaga kesehatan sehingga tidak sakit akibat dampak cuaca. 

Sementara itu, puting beliung yang melanda kawasan itu beberapa waktu lalu menyebabkan 32 rumah rusak mulai dari rusak ringan, rusak sedang dan juga rusak berat sehingga perlu perbaikan agar bisa ditempati.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021