Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan potensi objek pariwisata untuk meningkatkan daya tarik bagi calon wisatawan

"Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam melakukan megembangan potensi pariwisa yakni dengan membengun jembatan wisata pemancingan di Desa Lasung Kecamatan Kusan Hulu," kata Wakil Bupati Tanah Bumbu M. Rusli di Batulicin Senin.

Dia mengatakan, pembangunan jembatan tersebut menggunakan dana desa dan baru diresmikan pada Rabu (4/11). Dilaksanakan di pendopo lokasi wisata bersama dengan warga desa dan Sekcam Kusan Hulu, penyuluh, aparat desa, dan Karang Taruna.

Menurtnya, potensi objek wisata di Tanah Bumbu sangat luar biasa apabila dapat dikelola dengan baik dan maksimal.

"Wisata pemancingan ini dapat memberi nilai positif dalam pembangunan desa," ujarnya.

Dengan lokasi menarik seperti itu, pemerintah desa dapat membangun fasilitas penunjang, hingga semakin menarik pengunjung untuk berwisata ke Tanah Bumbu.

"Semua itu diperlukan kerjasama dan dukungan dari semua elemen untuk saling membantu, dari aparat desa, pemuda dan warganya, kecamatan, kabupaten, hingga pihak swasta," ungkapnya.

Kepala Desa Lasung Salafuddin menjelaskan, wisata pemancingan yang berupa danau itu berada di wilayah RT 5, Dusun 2, Desa Lasung. Serta memiliki panjang sekitar satu kilometer dengan lebar bervariasi antara 30 hingga 35 meter.

Salafuddin menyampaikan, kedepan pemerintah desa akan mengembangkan lokasi wisata pemancingan itu agar lebih menarik lagi. Dari mulai pembangunan gazebo sebanyak 8 buah, jalan tani di sekitarnya dan fasilitas lainnya.

Sebagai sebuah potensi yang dapat dikembangkan, Salafuddin meminta partisipasi Kabupaten untuk bisa membantu pengembangannya, seperti akses jalan menuju lokasi.

"Agar dapat menambah penghasilan desa dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lasung,” sebutnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021