Di Desa Karya Bakti Kecamatan Kudn Tengah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel) "Tanam Padi Panen Mie Instan".

Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin SE MAP mendapatkan istilah Tanam Padi Panen Mie Instan" itu dari warga masyarakat ketika reses di Desa Karya Bakti (sekitar 260 kilometer tenggara Banjarmasin), Tanbu, Senin (18/10).

Istilah Tanam Padi Panen Mie Instan itu terlahir saat banjir melanda dan menggenangi areal persawahan masyarakat Desa Karya Bakti, yakni usai musim tanam banjir melanda maka mie instan pun berdatangan. 

"Maksudnya, padi yang ditanam rusak dilanda banjir, maka bantuan pun berdatangan berupa sembako dan mie instan," ujar laki-laki yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut mengutip ucapan warga masyarakat Desa Karya Bakti.

"Karena wilayah desa kami (Desa Karya Bakti) di kelilingi dan dilalui oleh air dari desa sebelah, maka secara otomatis jika musim hujan akan mengalami banjir, karena mendapat kiriman luapan air dari desa yang berada di atasnya," kutipnya.

Oleh karena itu, warga Desa Karya Bakti menginginkan pembangunan saluran air pembuangan yang langsung menuju ke laut, ungkap wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu tersebut.

"Jika bisa kami ingin dibuatkan saluran air pembuangan yang langsung menuju ke laut, karena jika hal ini belum bisa direalisasikan maka desa kami akan selalu kebanjiran," ujar warga masyarakat setempat seperti dikutip mantan anggota DPRD "Bumi Bersujud" Tanbu itu.

Menanggapi hal tersebut, wakil rakyat kelahiran Tungkaran Pangeran Batulicin (260 kilometer tenggara Banjarmasin), ibukota Tanbu itu mengatakan, dirinya telah minta ke Pemerintah Propinsi (Pemprov) Kalsel agar melakukan riset dan kajian, hingga permasalahan banjir tidak terus terulang.
Reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan ((Kalsel) Muhammad Syaripuddin di Desa Karya Bakti (sekitar 260 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Kusan Tengah,. Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin, 18 Oktober 2021. (Istimewa)

Selain menginginkan saluran penanggulangan banjir, warga juga meminta agar pengaspalan jalan poros desa mereka yang juga merupakan Jalan Usaha Tani. 

Selain itu, meminta pengadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mesin sedot untuk mengeringkan air yang merendam persawahan, alat Maulid Habsyi dan bantuan pembangunan Mesjid, demikian Bang Dhin.
Reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan ((Kalsel) Muhammad Syaripuddin di Desa Karya Bakti (sekitar 260 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Kusan Tengah,. Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Senin, 18 Oktober 2021. (Istimewa)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021