Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi launching Kopi Meratus di Taman Wisata Pagat Kecamatan Batu Benawa, Jumat (1/10). Lauching itu bertepatan dengan peringatan Hari Kopi Internasional dengan memperkenalkan Kopi Lokal Meratus  yang diproduksi petani di kawasan Pegunungan Meratus.

Kegiatan itu juga menjadi ajang promosi wisata dan kesenian daerah, yakni gelar budaya wayang dan tari topeng dan didukung Serikat Petani Indonesia, dan Pena Hijau Indonesia yang berbarengan dengan kegiatan Mitra Desa dan Fakultas Pertanian Mengajar dari Universitas Lambung Mangkurat.

"Melihat besarnya potensi perkebunan kopi dan dalam mewujudkan pertumbuhan serta pengembangan ekonomi yang ramah lingkungan berbasis kerakyatan, maka Pemerintah Kabupaten meluncurkan Kopi Meratus ini sebagai komoditas kopi lokal yang layak untuk dijadikan produk unggulan untuk dikembangkan," ungkap Bupati.

Tentunya menurut bupati, kegiatan ini merupakan suatu langkah penyemangat bagi masyarakat untuk membuka peluang usaha baru dalam sektor perkebunan.

"Atas nama Pemkab HST, Saya sangat menaruh harapan besar melalui usaha perkebunan kopi ini, semoga suatu hari nanti Kabupaten kita akan lebih populer dengan adanya komoditas perkebunan kopi yang memiliki daya tarik pariwisata," ujarnya.

Baca juga: HIMPAUDI HST juara 1 lomba kategori senam gizi seimbang
Baca juga: Bupati: Jabatan merupakan amanah
Baca juga: HST peringati Hari Kesaktiannya Pancasila secara sederhana namun khidmat

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021