Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup), Syamsuri Arsyad menyerahkan bantuan beasiswa MUI HSS bagi empat santri terbaik untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir.

Bantuan Beasiswa ini diserahkan dalam kegiatan konsulidasi organisasi MUI HSS kecamatan se Kabupaten HSS, mengambil tempat di pendopo bupati setempat, Selasa (21/9) pagi.

"Kita tentu berharap bahwa para penerima beasiswa ini, bisa benar-benar memanfaatkannya dengan belajar dan menuntut ilmu secara sungguh-sungguh di sana," kata bupati.

Dijelaskan dia, para mahasiswa membawa nama baik daerah, sehingga harus benar-benar serius dan saat kembali  ke banua bisa berpartisipasi mengajarkan apa yang didapat di sana untuk kepentingan masyarakat di HSS.

Adapun empat mahasiswa terbaik, antara lain, Faruq, dari Desa Mandala, Telaga Langsat, M Nazmy Harazim, Baruh Kembang, Daha Utara, M Hafizhannor, Muning, Daha Selatan dan Siti Fakhriyanti Rahmah, Paring Agung, Sungai Raya.

Ketua MUI HSS, Ustadz Diny Mahdany mengatakan beasiwa diberikan kepada empat orang mahasiswa dan mahasiswi  didampingi orang tuanya, masing-masing sebesar Rp65 juta dalam bentuk rekening di Bank Kalsel.

"MUI sendiri memberikan bantuan ini khusus bagi para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi dan memang layak menerimanya, setelah melalui seleksi cukup ketat oleh Panitia Seleksi MUI HSS," katanya.

Terkait acara konsulidasi dilakukan dalam rangka mengatur strategi dan program kerja MUI HSS, sepeninggal Ketua Umum Almarhum TGH Muhammad Ridwan Baseri (Guru Kapuh).

Merumuskan program yang akan dilaksanakan pascameninggalnya Guru Kapuh sebagai ketua umum sebelumnya, dan apa yang sudah dilakukan Guru Kapuh sangat besar untuk perkembangan organisasi MUI ini.

Untuk itulah sangat perlu pihaknya perlu menyusun kembali langkah dan stategi untuk melanjutkan segala program yang telah almarhum buat selama ini.

"Bagaimanapun apa yang sudah dilakukan beliau sangat berharga, dan telah menjadikan MUI HSS bukan hanya sekedar nama lembaga, tetapi sudah mampu banyak berbuat untuk kemashlahatan umat," katanya.

Ia atas nama MUI juga mengucapkan terima kasih atas perhatian pemkab HSS yang selalu bersinergi, dan selama ini banyak membantu program yang dilakukan. Ini merupakan sesuatu yang istimewa dan jarang ditemukan di daerah lainnya.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, juga mengatakan sosok seperti Guru Kapuh sangat sulit dicari, namun jangan sampai membuat MUI patah semangat.

"Kita semua tentu merasa kehilangan, sosok yang selama ini begitu banyak memberikan kontribusi positif dan selalu bahu membahu bersama Pemkab HSS dengan kebijakan yang ada," katanya.

Menurut dia, beliau adalah sosok yang sangat peduli dengan masyarakat, dan beliau juga menjadi tempat pihaknya bertukar pikiran dalam setiap merancang kebijakan.

Ia mengharapkan bahwa dengan adanya konsolidasi yang dilaksanakan hari ini, bisa melapangkan jalan untuk keberlangsungan segala program MUI sebelumnya.

Turut berhadir, Kepala Kemenag HSS, Pimpinan Bank Kalsel Kandangan, Kabag Kesra Setda HSS, jajaran Pengurus MUI HSS dan para ketua MUI kecamatan se HSS.

Baca juga: Ustadz Diny Mahdani akan lanjutkan program MUI masa Guru Kapuh

Baca juga: Pembangunan kubah makam Guru Kapuh bentuk perhatian dan rasa cinta

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021