Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemkab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memprogramkan pasar murah selama Ramadhan 1436 Hijriah sebagai upaya meningkatkan daya beli masyarakat.

"Pasar Murah Ramadhan dilaksanakan di Kecamatan Satui, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Mantewe dan Kecamatan Kusan Hulu," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Tananah Bumbu Andi Hasdar, di Batulicin, Jumat.

Sebelum pasar murah digelar, pemerintah daerah melakukan beberapa kali survei harga di tingkat distributor. Survei harga tersebut dilakukan untuk mendapatkan harga bahan kebutuhan pokok dengan nilai terendah atau harga termurah.

Disperindagkop dan UKM Tanah Bumbu juga melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan sehingga pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan sukses dan dapat mengena sasaran utama yaitu masyarakat ekonomi lemah.

Adapun bahan kebutuhan pokok yang disediakan dipasar murah nanti seperti Gula Pasir, Minyak Goreng, Beras, Susu, Kue Kering, Teh, Tepung dan lainnya.

Untuk tanggal pelaksanaannya, dikatakan Ahmad Heriansyah menurut rencana akan dilaksanakan mulai 23 Juni 2015 bertempat di Desa Jombang Kecamatan Satui, pada 25 Juni 2015 di Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe, 29 Juni 2015 di Desa Sei Rukam Kecamatan Kusan Hulu dan 30 Juni di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat.

Pelaksanaan Pasar Murah nantinya juga akan bekerjasama dengan beberapa instansi terkait lainnya seperti Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanbu, Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu, Tim Penggerak PKK, GOW Tanah Bumbu serta pihak perusahaan swasta.

Bupati Tanbu Mardani H Maming mengharapkan kegiatan pasar murah selama ramadhan dapat membantu meringankan beban masyarakat karena kebutuhan pokok yang dijual merupakan kebutuhan prioritas.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Suryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015