Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS),  Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad menghadiri pelepasan lima Kepala Desa (Kades) dan Ketua TP PKK desa yang purna tugas di wilayah Kecamatan Daha Barat.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Daha Barat, Ahmad Yani, di Nagara, Rabu (15/9), mengatakan tahun 2021 ini ada lima kades beserta Ketua TP PKK Desa yang habis masa jabatannya yakni Desa Baru, Desa Badaun, Desa Bajayau, Desa Bajayau Tengah dan Desa Bajayau Lama.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa tersebut sampai terpilih kepala desa definitif, telah ditunjuk para penjabat kepala desa dari ASN lingkup Pemkab HSS yang bekerja di Kantor Kecamatan Daha Barat," katanya, dalam laporan di aula kantor camat setempat.

Dijelaskan dia, penunjukan tersebut berdasarkan usulan hasil musyawarah desa di masing-masing desa, serta melihat keadaan ASN yang tinggal berdomisili di wilayah Daha Barat.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan enam tahun yang lalu dirinya melantik para kepala desa, maka hari ini sampai pula waktunya untuk melepas para kepala desa.

“Izinkan saya atas nama Bupati HSS dan mewakili Ibu Ketua TP PKK HSS menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa atas darma bakti yang diberikan selama enam tahun," katanya.

Kepada Penjabat Kepala Desa yang berasal dari ASN lingkup Pemkab HSS, diminta agar melanjutkan program dan menyempurnakan program kepala desa terdahulu.

Selain itu, para penjabat kades ini selain masih harus bekerja di instansi asal mereka, dan juga harus siap setiap waktu di bekerja di desa walaupun di malam hari melayani masyarakat yang membutuhkan.

Apalagi Daha Barat ini masyarakatnya pada siang hari bekerja sebagai nelayan dan petani, dan di Kecamatan Daha Barat ini adalah yang kesembilan, untuk dirinya mengikuti rangkaian pelepasan kades dan Ketua TP PKK desa yang berakhir pada masa jabatan tahun 2021.

"Saya berharap, kepada para penjabat kades agar melanjutkan apa yang sudah di kerjakan oleh kepala desa yang sudah selama enam tahun bertugas," katanya.

Menurut dia, ini dilakukan agar jangan sebagai penjabat baru membuat semua yang baru, jadilah pemimpin yang bisa melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh penjabat yang lama, sepanjang dalam tanda petik itu yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Turut hadir, Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Ketua GOW HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kecatam Daha Barat Yeni Kusuma, Ketua MUI Daha Barat, Ustadz Sirajuddin serta para penjabat kades.

Baca juga: Penjabat lanjut sempurnakan apa yang sudah dilaksanakan kades purna tugas

Baca juga: Kades menjabat dua periode berkesempatan ikuti pilkades 2022

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021