Badan Kepegawain, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Hulu Sungai Utara akan mewajibkan peserta tes seleksi Calon  Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) mengisi Deklarasi Sehat yang menyatakan peserta menerapkan Protokol Kesehatan dan tidak terpapar COVID-19.

"Tentu dalam Pengisian Deklarasi Sehat tersebut peserta melampirkan hasil tes Rapid dan Swab tes" ujar Plt Kepala BKPP Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ahmad Yuseri di Amuntai, Senin (13/9).

Yuseri mengatakab, sebelum mengikuti tes peserta CPNS wajib mengisi formulir deklarasi sehat serta menyertakan hasil Rapid Test yang berlaku 1x24 jam atau hasil  Swab RT PCR yang berlaku 2x24 dan hasilnya negatif atau non reaktif.

Ia menjelaskan, ketentuan tersebut  sesuai dengan surat rekomendasi Satgas Penanganan COVID-19 nomor : B-115/KA SATGAS/PD.01.02/8/2021 tertanggal 21 Agustus 2021 terkait permohonan izin pelaksanaan seleksi CPNS 2021.

"Kita ingin masyarakat mengetahui bahwa pelaksanaan tes CPNS ini menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat agar tidak menyebabkan terjadinya penularan COVID-19 terhadap peserta dan panitia kegiatan tes CPNS," terangnya.

Yuseri menginformasikan, tes CPNS dan PPPK akan dilaksanakan di Gedung Balai Diklat BKPP Kabupaten HSU pada 6 -10 Oktober 2021.

Ia juga menginformasikan, jumlah formasi yang tersedia adalah untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) keguruan sebanyak 232 orang, PNS tenaga kesehatan 96 orang dan tenaga teknis 19 orang.

Dikatakan, pihak BKPP telah siap menggelar tes CPNS 2021 dan semaksimal mungkin menyiapkan fasilitas seperti Laptop, jaringan internet, listrik dan fasilitas untuk penerapan Protokol Kesehatam pencegahan COVID-19. 

"Untuk antisipasi listrik padam dan jaringan internet agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kita sudah koordinasikan kepada pihak terkait demi kelancaran pelaksanaan tes CPNS tahun ini," katanya.

Yuseri menyampaikan terima kasih kepada Bupati HSU dan Satgas COVID-19  yang memberikan layanan tes Swab Antigen gratis kepada seluruh calon peserta CPNS yang ber KTP HSU.

Bupati HSU H Abdul Wahid HK yang berinisiatif memberikan layanan Swab Antigen gratis ini berharap bisa mempermudah warganya yang pada tahun ini mengikuti seleksi tes CPNS dan P3K.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021