Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pasar Wadai Ramadhan 1436 Hijriah untuk memancing masyarakat Kotabaru, Kalimantan Selatan agar berkreasi baru untuk membuat makanan khas lokal.

"Kami berharap dengaasar Wadai Ramadhan kali ini akan muncul kreasi-kreasi baru masyarakat mengolah masakan yang khas daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kotabaru, Rairajuni saat pembukaan Pasar Wadai Ramadhan di Kotabaru, Kamis.

Banyak makanan khas daerah kini sulit didapat di pasar-pasar harian, sehingga untuk melestarikannya pemerintah perlu untuk memunculkan kembali sebagai salah satu kekayaan lokal yang perlu dijaga.

Rairajuni menerangkan, salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan kekayaan lokal tersebut, pemerintah daerah telah menyiapkan tempat khusus di Taman Siring Laut untuk pedagang yang menjual makanan khas lokal.

Tempat tersebut, kata Rairajuni, akan diojadikan salah satu obyek wisata kuliner Kotabaru, yang menawarkan aneka menu makanan, minuman, dan kue khas Kotabaru yang tidak ada dijual di pasaran umum dan daerah lain.

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kotabaru Ramadhan 1436 Hijriah kali ini menyiapkan sekitar 74 stand untuk pedagang makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Pasar Wadai Ramadhan yang dibangun di Halaman Pasar Limbur Raya tersebut akan digelar selama Bulan Ramadhan

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015