Pemerintah Kabupaten Balangan menerima puluhan konsentrator oksigen dan ribuan paket masker serta vitamin dari PT Adaro Energy Tbk yang diserahkan langsung oleh Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir. 


"Alhamdulillah kami telah memberikan dukungan sebanyak 20 konsentrator oksigen, 4 ribu paket masker dan vitamin kepada Pemkab Balangan dalam hal ini untuk RSUD Balangan," kata Garibaldi Thohir di Paringin, Rabu. 

Selain itu, ucapnya, dukungan tersebut merupakan wujud komitmen Adaro untuk senantiasa hadir dan berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19, karena Adaro sangat memahami bahwa dukungan moril dan materil akan sangat membantu penanganan pasien di daerah yang terdampak COVID-19 ini. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, dukungan kali ini diwujudkan melalui alat konsentrator oksigen yang telah memenuhi kriteria kemudahan dalam penanganan pasien dan dapat menjaga semangat para tenaga kesehatan. 

"Kami berharap unit konsentrator oksigen ini akan semakin melengkapi fasilitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya dalam menangani pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen," ungkapnya.

Dewan Pengawas YABN Budi Bowoleksono secara simbolis menyerahkan bantuan konsentrator oksigen, masker dan paket vitamin kepada Pemkab Balangan (Antaranews Kalsel/ragil darmawan)


Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri Okty Damayanti menambahkan, alat ini akan sangat berguna terutama di wilayah yang jauh dari akses terhadap pemasok oksigen. 

Selain itu, paket vitamin yang diberikan diharapkan bisa membantu proses penyembuhan masyarakat yang menjalani isoman.

Sebagaimana diketahui, Adaro bekerjasama dengan Yayasan Satriabudi Dharma Setia (YSDS) memberikan dukungan total 1000 konsentrator oksigen senilai Rp12,6 miliar kepada rumah sakit dan klinik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. 

Sebanyak 300 konsentrator oksigen didistribusikan ke 15 fasilitas kesehatan di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang merupakan wilayah operasional Adaro. 

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi, mengungkapkan pihaknya sangat berterimakasih kepada PT Adaro Energy Tbk yang telah berkenan memberikan bantuan berupa masker sebanyak 4000 buah, paket vitamin dan konsentrator oksigen sebanyak 20 buah. 

"Kami sangat meyakini hal ini sangatlah bermanfaat bagi RSUD Balangan dalam rangka menekan angka COVID-19 dan penanganan pasien COVID-19 yang ada di rumah sakit kita ini," ungkapnya. 

Bantuan yang diberikan oleh pihak Adaro ini, ucapnya, memang sangat diharapkan oleh RSUD Balangan. Terlebih, saat ini rumah sakit sangat memerlukan oksigen untuk pasien yang terdampak COVID-19. 

Terakhir, ia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan Forkopimda untuk selalu bersama-sama berjuang untuk memerangi pandemi COVID-19 ini, dengan disiplin menerapkan Prokes 5M salah satunya dengan selalu memakai masker.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021