Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melepas 408 siswa siap Praktek Belajar Lapangan (PBL) atau magang sebagai salah satu cara untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.


"Mereka yang magang akan tersebar dibeberapa Kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Selatan sesuai dengan jurusan meraka masing-masing," kata Kepala SMKN 2 Simpang Empat Ribut Giyono, di Batulicin, Selasa.

Ia mengatakan, untuk jurusan kesehatan ada 170 siswa yang akan menempati di Kabupaten Tanah Bumbu, Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Rantau, sedangkan untuk jurusan Bisnis Manajemen, Perkantoran dan Akutansi ada 238 siswa yang akan ditempatkan di Kabupaten Kotabaru dan Banjarmasin.

Sebelum mereka diberangkatkan di daerah yang ditentukan oleh pihak sekolah, peserta magang diberi pembekalan berupa binaan dan motivasi agar dapat menempatkan diri dalam beretika dan sopan santun dalam bergaul sesama manusia.

"Selama magang dalam waktu tiga bulan, mereka akan belajar praktik secara langsung di lapangan, setelah itu mereka akan membuat laporan tugas ahir hasil magang untuk dipertanggung jawabkan di sekolah," terangnya.

Mereka juga akan mendapatkan pembinaan dari petugas di Rumah Sakit yang mereka tempati, di mana mereka bisa mengerjakan tugas dan pekerjaan secara baik, teliti dan sigap, agar nantinya mereka terbiasa hidup disiplin dalam bekarja.

Usai melakukan praktek lapangan, semua siswa mampu memiliki ketrampilam yang baik, dan mampu menerapkan kompetensinya masing-masing untuk menghadapi persaingan dibidang pekerjaan.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015