Setelah beberapa waktu yang lalu dilaksanakan penentuan arah kiblat, kini pembangunan Mesjid Islamic Center Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah memasuki tahapan pembuatan kubah Masjid.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS,Tedy Soetedjo, di Kandangan, Rabu (7/7), mengatakan untuk tahapan pembuatan dan pemilihan motif kubah Pemerintah Kabupaten(Pemkab HSS) melalui Dinas PUTR  tidak hanya asal membuat saja, dan disepakati dipilih motif kaligrafi nuansa Islami.

"Pemilihhan motif telah dilakukan secara seksama, terperinci dan penuh pertimbangan sehingga pada hari ini kita melaksanakan rapat penentuan motif untuk kubah Masjid Islamic Center tersebut," katanya, dalam keterangan usai rapat, di aula dinas setempat.

Dijelaskan dia, Kubah Masjid Islamic Center ini sendiri dibuat dengan bahan tembaga dan akan dibangun dengan keliling 56 meter, dan tinggi sembilan meter serta dengan diameter 18 meter.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan rapat ini dilaksanakan karena untuk pembuatan motif mesjid islamic center ini nantinya akan dilaksanakan secara manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan diperkirakan sampai selesai butuh waktu empat sampai lima bulan pemasangan.

"Ada tiga pilihan motif yang ditawarkan pihak pelaksana, dan dari berbagai sudut pandang, filosofi serta pendapat dan pandangan dari MUI sehingga kita sepakat untuk memilih alternatif motif yang ketiga," katanya.

Menurut dia, alternatif motif yang ketiga ini dipilih karena kalau dipandang dari kejauhan motifnya akan nampak terlihat, dan yang terpenting adalah bernuansa islami serta nantinya akan jadi kebanggaan bersama masyarakat Bumi Rakat Mufakat.

Ditambahkan dia, pihaknya berharap dengan sudah disepakatinya motif untuk Kubah Mesjid Islamic Center ini para pelaksana dapat segera melakukan pengerjaan dan pemasangannya, sehingga dapat selesai tepat waktu.

Turut hadir dalam rapat, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua MUI HSS Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Riduan Baseri, kontraktor pelaksana, konsultan perencana, konsultan pengawas, dan jajaran Dinas PUTR HSS serta unsur terkait lainnya.

Baca juga: Pembangunan Islamic Center HSS masuki tahap pembangunan mesjid induk

Baca juga: Pembangunan Islamic Center HSS diharapkan selesai tepat waktu

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021