Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, meresmikan asrama putri Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfizul Quran Ad Dahlaniah, di Desa Tambak Bintin, Kecamatan Daha Utara.

Bupati HSS Achmad Fikry, di Tambak Bitin, ,Senin(14/6), mengatakan bersyukur asrama putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah telah selesai dibangun secara swadaya masyarakat dengan jumlah biaya sekitar Rp2 miliyar, yang sebelumnya dibangun oleh Pemkab HSS di tahun sebelumnya.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu pembangunan asrama putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah ini hingga bisa selesai dan diresmikan hari ini, ” katanya, dalam sambutan.

Baca juga: Ustadz Zaki ingatkan ada tujuh golongan peroleh keistimewaan di Padang Mahsyar

Ia mengajak masyarakat untuk melanjutkan cita-cita KH Muhammad Mujib Jazuli yang sudah meninggal 1.000 hari, untuk memanfaatkan keberadaan Ponpes dengan fasilitas yang sudah lengkap ini.

Dan sebelum meresmikan asrama putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah, Pemkab HSS memberikan berbagai bantuan permakanan bagi pompes yang santrinya kurang mampu, sehingga bisa kebuhanan makan dan meringankan beban pengelola ponpes.

Ketua Yayasan Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah, H Badrun, mengatakan ponpes dibangun dua lantai, lantas atas untuk tempat tinggal santri dan lantai bawah untuk belajar. Ponpes yang dibangun ini bisa menampung santri sebanyak 100 orang.

Baca juga: Bupati HSS : Program beasiswa mahasantri untuk wujudkan visi misi kabupaten

"Kami juga atas nama yayasan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemkab HSS yang telah membantu pembangunan asrama putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah sehingga fasilitas yang dimiliki makin lengkap," katanya.

Adapun bantuan sosial yang diberikan Pemkab HSS, di antaranya untuk Panti Asuhan Ibnu Sabil Rp54. 750.000, Asrama Putri Ponpes Tahfizul Quran Ad Dahlaniah Rp175.200.000, Darul Amein Rp169.725.000 dan Pendidikan Islam Parigi Rp514.650.000.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021