Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) sesuai intruksi Bupati HSS H. Achmad Fikry, melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melanjutkan program Bazar Toko Tani Indonesia (TTI), yang sebelumnya digelar di 11 Kecamatan, kali ini bertempat di Desa Telaga Sili-Sili, Kecamatan Angkinang.

Kepala Seksi Distribusi Pangan Dinas Ketahan Pangan HSS, M. Syaifullah, Selasa (27/4), mengatakan bazar TTI ini menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), sehingga sebelum kegiatan dimulai petugas membagikan masker untuk warga sasaran bazar, dalam mencegah penularan COVID-19.

"Juga tetap mentaati protokol kesehatan lainnya, mengantri, saling menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan, dan kami bersyukur warga antusias berbelanja kebutuhan pokok yang disediakan dibazar ini," katanya.

Baca juga: Kadisdag HSS : Pasar murah berikan layanan keterjangkauan harga bahan pokok

Dijelaskan dia, kegiatan ini merupakan program lanjutan, di mana bazar TTI dilaksanakan di empat kecamatan selama bulan Ramadhan, untuk Desa Telaga Sili-Sili, Kecamatan Angkinang menjadi tempat pertama dilaksanakannya program lanjutan ini.

Bazar TTI ini adalah kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan Pemkab HSS, sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat serta menstabilkan harga dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan juga upaya penyediaan pangan murah berkualitas bagi masyarakat.

Program ini juga didukung Bank Kalsel Syariah yang telah mensubsidi sebagian harga pangan, sehingga dapat lebih menekan harga bahan pokok yang dijual di bazar TII tersebut.

Baca juga: Harga kebutuhan pokok merangkak naik, PKK HSS laksanakan pasar murah

Kepala Desa Telaga Sili-Sili, Norsamiansyah, mengatakan berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tahun depan, dikarenakan desa mereka yang jauh dari pasar dan harganya, barang di bazar disediakan sangat murah, juga mempunyai selisih yang lumayan jauh dengan harga di pasar maupun kios.

“Kami menyambut baik dengan adanya bazar seperti ini, karena masyarakat kami bisa terbantu serta dapat berbelanja dengan murah,” katanya.

Warga setempat, Misrah, mengatakan sangat senang dan terbantu dengan adanya Bazar ini, juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkab HSS, karena telah mengadakan bazar serta agar bisa diadakan seperti saat mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021