Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan pendataan keluarga tahun 2021 mulai 1 April - 31 Mei 2021, Bupati HSS H Achmad Fikry telah didatangi petugas pendata bertempat di rumah dinas bupati setempat.

Ia mengatakan, menghimbau agar masyarakat memberikan dukungan untuk terlaksananya pendataan keluarga tahun 2021, serta agar menerima petugas pendataan dengan baik dan bisa memberikan informasi yang sebenarnya.

"Harapan saya kepada masyarakat HSS, meskipun nanti sampai bulan puasa karena sampai 31 Mei, terima mereka dengan baik dan berikan informasi yang dibutuhkan, tentu kita berharap tetap mematuhi protokol kesehatan, datang dan menerima harus tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya, Rabu (7/4).

Baca juga: Aplikasi RISSA digunakan PPKBD HSS laporkan data program Bangga Kencana

Dijelaskan dia, jika pendataan ini tidak ada kaitan dengan bantuan, pajak, dan lainnya, fokus untuk pendataan keluarga, pendataan hanya ingin melihat proses kehidupan keluarga, jadi tidak usah ragu untuk menerima petugas pendata.

Ia mengaku bersyukur karena hari ini didatangi petugas pendataan keluarga, yang sebenarnya mulai tanggal 1 April hingga 31 Mei. dan telah memberikan informasi yang dibutuhkan.

Sesuai dengan himbauan pihaknya terdahulu, setiap yang dikunjungi akan menyiapkan Kartu Keluarga (KK) untuk memudahkan pendataan, serta sebagai warga negara sudah melaksanakan kewajiban untuk didata.

Baca juga: Pemkab HSS peringati Hari Ibu ke-92 tahun 2020

Pendataan dilakukan sebagai validasi data, tujuannya untuk pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

Pendataan Keluarga sebagai amanat Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, serta Peraturan Pemerintah No 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021