Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) meluncurkan Aplikasi Online Reporting Institusi Mayarakat Pedesaan (RISSA), di halaman kantor dinas setempat.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Hj Is Susilastuti, di Kandangan, Senin (28/12), mengatakan  adanya aplikasi ini, akan digunakan oleh Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di masing-masing desa, untuk melaporkan data-data yang terkait program Bangga Kencana.

"Program-program yang akan dilaporkan oleh PPKBD yang ada di semua desa dan kelurahan diantaranya data tentang TFR, ASFR, CFR, dan data Unmet Need dan juga tidak ketinggalan data tentang usia perkawinan," katanya, dalam keterangan.

Dijelaskan dia, tentang usia perkawinan disemua usia, dan target RPJMD yang ada di Dinas PPKBPPPA bahwa akan menurunkan usia perkawinan dibawah 20 tahun, dengan itu bisa cepat update mengetahui data tersebut dan akan segera dapat melakukan intervensi.

Baca juga: Pemkab HSS peringati Hari Ibu ke-92 tahun 2020

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Dukcapil, yang sudah bekerjasama dengan baik untuk kegiatan ini, dan tak luput juga semua berawal dari dukungan dan motivasi dari Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Dinas Kominfo HSS, Hj. Rahmawaty, mengatakan ini intens kerjasama antara Dinas PPKBPPA dengan programmer Dinas Kominfo, karena penyelesaian ini memerlukan waktu yang lumayan dan menyita waktu karena para programmer juga memiliki kegiatan lain.

"Dan yang perlu diketahui permohonan aplikasi-aplikasi dari SKPD antri, untuk RISSA ini kami memprioritaskan karena memang dari awal mereka sudah memohon kepada kami secara resmi, untuk penyelesaiannya berjalan lancar dari pihak kawan-kawan programmer dikoordinir bidang TIK hingga dapat diselesaikan," katanya.

Menurut dia, agar ke depannya dengan adanya aplikasi online RISSA ini bisa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk masyarakat Kabupaten HSS utamanya dalam mendukung program pembangunan.

Baca juga: Sosialisasi advokasi dan KIE, BKKKBN Kalsel dan mitra salurkan 1.500 sembako

Launching aplikasi ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aplikasi RISSA antara Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas PPKBPPPA yang disaksikan Bupati HSS dan Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel H. Ramlan.

Dilanjutkan dengan pemotongan balon ke udara oleh Bupati HSS dan Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, sebagai tanda bahwa aplikasi RISSA secara resmi dapat digunakan.

Acara dirangkai penyerahan kenang-kenangan dari Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel kepada Kepala Dinas PPKBPPPA yang akan memasuki purna tugas, kemudian juga dijelaskan penggunaan aplikasi RISSA dari ASN Dinas PPKBPPPA.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020