Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin mengatakan, Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah merupakan wadah strategis menentukan arah pembangunan yang direncanakan selama lima tahun ke depan. 

"Strategis karena forum gabungan ini menciptakan keterpaduan berbagai sektor kepentingan yang berkumpul untuk membahas arah pembangunan daerah lima tahun ke depan," ujarnya di Banjarbaru, Kamis. 

Pernyataan itu disampaikan saat membuka Forum gabungan SKPD didampingi Sekda Said Abdullah dan Kepala Bappeda Kanafi diikuti seluruh pimpinan SKPD dalam penyusunan pembangunan daerah. 

Ia mengatakan, forum gabungan SKPD bagian tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah menentukan prioritas kegiatan pembangunan dituangkan dalam RAPBD. 

"Forum ini sangat penting membahas usulan kecamatan dan mempertajam rencana kerja badan, dinas, kantor dan bagian disamping memenuhi tuntutan pendekatan aspek perencanaan sesuai perundangan berlaku," ujarnya.

Disisi lain, membuat perencanaan pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program kegiatan dan menetapkan target capaian yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan.

Kemudian, juga memenuhi aspek perencanaan pendekatan politik, diantaranya berupa usulan-usulan aspirasi dari anggota dewan dan konstituen yang disampaikan dalam forum SKPD untuk dipertimbangkan.

"Paling penting, pembahasan rencana kerja dan program strategis forum SKPD harus sejalan dengan visi dan misi Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera Juara diimplementasikan dalam RPJMD 2021-2026," pesannya. 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021