Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Dedi Junaidi mengatakan, minat baca masyarakat terus tumbuh dan berkembang sehingga diharapkan masyarakat semakin melek membaca.


"Minat baca masyarakat semakin tumbuh walau pun masih secara parsial dan belum menyeluruh hingga ke pelosok desa," ujarnya di Kota Banjarbaru, Jumat.

Ia mengatakan hal tersebut pada pembukaan Banjarbaru Book Fair ke-3 yang diselenggarakan selama sepuluh hari mulai 30 Januari hingga 8 Februari 2015 di Lapangan Murjani Banjarbaru.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya menumbuhkan minat baca masyarakat melalui berbagai program seperti pengadaan mobil perpustakaan keliling yang melayani hingga ke desa.

"Saat ini sudah ada 480 mobil perpustakaan keliling yang diberikan pemerintah kepada perpustakaan di seluruh Indonesia dan Banjarbaru sudah menerima dua unit," ucapnya.

Dijelaskan, selain membagikan mobil perpustakaan keliling, program lain yang dilakukan Perpusnas adalah melaksanakan safari membaca dengan mendatangi kabupaten dan kota.

"Safari membaca dilakukan dengan mengunjungi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dan hingga saat ini sudah 52 titik yang dikunjungi oleh tim safari," ungkapnya.

Dikatakan, pameran buku yang dilaksanakan Pemkot Banjarbaru merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan minat baca sehingga kegiatannya disambut positif.

"Kami mengapresiasi pameran buku yang dilaksanakan Pemkot Banjarbaru dan pelaksanaannya sudah memasuki tahun ketiga. Diharapkan, kegiatan terus berlanjut," katanya.

Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan mengatakan, Pemprov Kalsel mendukung seluruh program pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

"Pemprov sangat mendukung program pemerintah dan memfasilitasi setiap program khususnya bantuan bagi perpustakaan di kabupaten dan kota," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015