Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah berharap pembangunan hunian sementara (Huntara) di Desa Baru, Wake dan Hantakan menjadi salah satu awal kehidupan baru bagi warga korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Hal itu disampaikan Profesor Udiansyah saat mengawali pembangunan Huntara yang merupakan kolaborasi dari LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan dengan Baznas Provinsi Kalimantan Selatan dan TNI dari Kodim 1002/Barabai, pada Kamis (11/3/2021).

Menurut Prof Udiansyah, pembangunan tersebut diawali tepat pada momentum peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Diharapkan, kegiatan tersebut, juga menjadi salah satu implementasi dari ajaran nabi tentang kepedulian terhadap sesama dan saling tolong menolong antarwarga yang kesusahan.

"Kegiatan hari ini bertepatan dengan peringatan Isra Mi'raj, saya harap ini merupakan implementasi Nabi Muhammad dengan turut serta membantu masyarakat," katanya.
 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Profesor Udiansyah, (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI Wilayah XI)

Prof Udiansyah mengungkapkan, pembangunan tersebut merupakan donasi yang dikumpulkan dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalimantan serta instansi lainnya yang pembangunannya berkolaborasi dengan TNI, Baznas dan Pemkab HST. 

"Bantuan yang kami berikan ini memang kecil tapi mudah-mudahan besar manfaatnya sebagai awal untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik sebelum Hunian tetap dibangunkan oleh pemerintah," katanya. 

Sebelumnya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Profesor Udiansyah dan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) HA Chairansyah  meletakkan baru pertama pembangunan kembali Langgar Norhidayah di Desa Alat, Kecamatan Hantakan yang sebelumnya terkena longsor dan hanyut terdampak banjir, Kamis (11/2/2021).

Pembangunan Langgar Norhidayah tersebut, merupakan hasil dari donasi PTS se Kalimantan, karyawan LLDIKTI XI, masyarakat dan dukungan Baznas Kalsel melalui program LLDIKTI PEDULI.

Pimpinan Baznas Kalsel H Irhamsyah Safari mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya pemulihan pembangunan dari bencana  banjir yang terjadi pada awal 2021.

Menurut Irham, pihaknya sangat mengapresiasi pihak LLDIKTI yang telah menginisiasi program pembangunan Huntara dan langgar Norhidayah yang mendapatkan respon oleh PTS se Kalimantan dan Baznas serta TNI dan Polri.

Irham berharap, kegiatan ini menjadi jalan kebaikan bagi seluruh pihak terkait dari berbagai profesi, sebagai wujud kebersamaan dalam kebaikan.  

Baznas sebagai badan yang mengumpulkan zakat dan amil dan sodaqoh memiliki program Baznas peduli bencana, akan menyalurkan dan mendistribusikan pengumpulan zakat dan sodaqoh dari muslimin dan muslimat kepada warga yang berhak.

"Mungkin bantuan yang kami salurkan belum bisa memenuhi kebutuhan para korban, tetapi saya harapkan ini bisa sedikit meringankan beban para korban. Saya minta, warga di Batu Benawa mendoakan para Muzaki yang telah menyalurkan zakatnya, agar mereka mendapatkan keberkahan," katanya.

 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Profesor Udiansyah, (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI Wilayah XI)


Dia juga menyampaikan terimakasih kepada TNI dan Polri serta masyarakat yang bersedia mengerahkan tengaa untuk penyelesaikan pembangunan Huntara ini.

"Ini adalah wujud dari kebersamaan kita semua, semoga menjadi jalan kebaikan bagi warga korban bencana dan seluruh pihak yang telah membantu," katanya.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh Ishak Baharuddin menyampaikan, pembangunan Huntara individual kolaborasi antara LLDIKTI, Baznas dan Pemkab HST dan TNI-Polri di Desa Baru akan dibangun sebanyak 12 unit dan di Desa Hantakan 6 unit.

Menuntaskan pembangunan tersebut, tambah Dandim, pihaknya menurunkan sebanyak 72 orang personel dari berbagai instansi dengan target selesai selama empat hari.

"Pembangunan Huntara ini berdasarkan pada prinsip penanganan pascabanjir yaitu cepat, tepat, layak dan skala prioritas," katanya.

Camat Batu Benawa Jamhari atas nama warga desa Baru mengucapkan terimakasih atas seluruh bantuan dari LLDIKTI, Baznas dan TNI karena manfaatnya sangat besar bagi warga. 
Kepala LLDIKTI Wilayah XI Profesor Udiansyah, (Antaranews Kalsel/Humas LLDIKTI Wilayah XI)

"Kami mendoakan semoga bapak/ibu yang membantu dan masyarakat yang dapat bantuan diberikan kesehatan dan mendapat keberkahan dari Allah," tuntasnya. 

Hadir pada kegiatan tersebut adalah, Dandim 1002 Letkol Inf Muh Ishak Badaruddin, Ketua LLDIKTIXI  Prof Udiansyah, Perwakilan Pimpinan PTS Uniska dan Unism serta Pimpinan Baznas Kalsel H Irhamsyah Safari dan Ketua Baznas HST H Ishak, Kabag Administrasi dan Pembangunan Rahamadhan, Camat Batubenawa Jamhari, Pemkab HST hadir Kabid Perumahan dan Permukinan Dinas Perkim Syafaat.

 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021