Para mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin, Kalimantan Selatan tidak hanya diberi pendidikkan untuk ahli di bidang permesinan, kelistrikan dan ilmu vokasi lainnya, namun dibekali juga semangat untuk bisa berwirausaha mandiri.

"Program mahasiswa wirausaha merupakan salah satu program Enterpreneurship Training Unit ( ETU) Politeknik Negeri Banjarmasin," ujar Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Dra Hj Nurhidayati saat membuka sosialisasi virtual program tersebut, Selasa.

Sebagaimana diketahui, program mahasiswa wirausaha ini merupakan prioritas Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) tahun 2009. Program ini dilaksanakan oleh 83 perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut Nurhidayati, program ini sangat bagus diikuti para mahasiswa, sebab akan menambah wawasan hingga bisa berinovasi, percaya diri dan memiliki keterampilan berbisnis.

"Harapannya mahasiswa bisa membuka wirausaha baru, menciptakan unit bisnis baru dan membangun jaringan bisnis dengan pengusaha yang sudah mapan," tuturnya.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, kata dia, semua dituntut kreatif untuk terus semangat berwirausaha, termasuk mahasiswanya agar nantinya menjadi wirausahawan atau pengusaha sukses.

Humas Politeknik Negeri Banjarmasin Rizki Afriana memaparkan digelarnya kegiatan sosialisasi ini dengan harapan program ini dapat menumbuh kembangkan semangat, sikap dan perilaku untuk berwirausaha sehingga lulusan perguruan tinggi.

Terkhusus bagi mahasiswa di Politeknik Negeri Banjarmasin akan memiliki nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemakmuran wirausaha itu sendiri. 

"Hingga mereka menjadi calon wirausaha-wirausaha muda di kampus kita," ujarnya.

Menurut dia, pada kegiatan sosialisasi program mahasiswa wirausaha ini ada dua narasumber, yakni, Ketua ETU Rabiatul Adawiyah,M.T dan dari pengelola ETU lainnya Novi Shintia, M.M.

Pada kesempatan itu diperkenalkan dua mahasiswa menerima hibah program mahasiswa wirausaha  tahun 2020, yaitu, M Raihan Ridho dan Dina Agus Putri.

Untuk program mahasiswa wirausaha tahun 2021 ini, setiap kelompok  yang dinyatakan lulus seleksi program akan mendapatkan bantuan modal Rp5 juta sampai dengan Rp15 juta. Pengumpulan proposal berkahir pada tanggal 31 Maret 2021. 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021