Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menggelar rapat evaluasi pemilihan kepala daerah Kabupaten Balangan tahun 2020 di Aula Mayang Maurai Paringin.

Saripani di Paringin Selasa, mengungkapkan untuk angka partisipasi 86% ini menjadi tantangan baru bagi seluruh penyelenggara dalam mempertahankan partisipasi pemilih di masa yang akan datang. 

"Kita mengharapkan paling tidak partisipasi itu pada angka 86%, kalau bisa lebih meningkat lagi dan itu menjadi tanggungjawab kita bersama baik KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, maupun stakeholder lainnya," harapnya.

Saripani menambahkan, rapat evaluasi tersebut penting dilaksanakan agar mengetahui sejauh mana keberhasilan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020.

"Disini kita membuka diri untuk masukan dan tanggapan peserta dari stakeholder terkait, supaya pemilihan ataupun pemilih yang akan datang kita bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa untuk Pilkada di Kabupaten Balangan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. baik dari sisi pelaksanaan maupun dari sisi hasil pelaksanaan.

"Kegiatan kita aman sukses,damai, dan tidak ada kluster COVID-19 di Pilkada ini, dan untuk angka partisipasi kita di Balangan alhamdulilah di angka 86% dan itu jauh melebihi target yang kita inginkan sebanyak 80%," ucapnya.

Sejumlah pihak baik dari pemerintah daerah, Bawaslu, dan unsur Forkopimda lainnya juga turut mengapresiasi hasil suksesnya pelaksanaan Pilkada di Balangan.

Diakhir kegiatan, KPU Balangan memberikan piagam penghargaan kepada beberapa anggota PPK se-Kabupaten Balangan atas suksesnya Pilkada tahun 2020.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021