Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Darul Ulum Kandangan menggelar khitanan massal dalam  memperingati hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang ke-70.

 Program kerja KKN-DR Kecamatan Loksado ddengan ssejumlah  rangkaian kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari kalender.

Peserta KKN Al Ikhwan Humaidi, di Malinau, mengatakan, kegiatan ini bertempat di puskesmas malinau, dimulai dengan pembukaan acara yang di hadiri oleh kepala puskesmas malinau, LAZISMU HSS serta Ketua MUI kecamatan loksado.

"Dalam sambutannya Kepala Puskesmas Malinau mengaprisiasi kegiatan tersebut, serta menghimbau masyarakat agar menjalankan hidup sehat yakni salah satunya dengan dikhitan," katanya, dalam keterangan beberapa waktu lalu.
 
Khitanan massal dari program KKN-DR Malinau, STAI Darul Ulum Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: KKN di Loksado, mahasiswa STAI Kandangan sosialisasikan protokol kesehatan

Dijelaskan dia, kegiatan ini merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran mahasiswa, untuk tetap memiliki jiwa sosial terhadap sesama yang tinggi bahkan dalam kondisi pandemi COVID-19.

 ini tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan, serta meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu, dalam melaksanakan salah satu sunnah Rasululullah SAW yakni berkhitan.

Oleh sebab itu maka untuk pihaknya fokuskan ke masyarakat yang kurang mampu, dengan rincian dua orang peserta tiap masing-masing desa se Kecamatan Loksado, kecuali Desa Malinau sebanyak lima orang peserta dengan jumlah 25 orang.

"Berhubung hari itu cuaca kurang bersahabat, sehingga peserta yang berhadir hanya sembilan orang, namun kegiatan dilanjutkan ke hari Rabu (6/4) dalam mencapai terget yang telah kami tentukan," katanya.
Khitanan massal dari program KKN-DR Malinau, STAI Darul Ulum Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Nor Alia, Mahasiswi STAI Darul Ulum Kandangan ke jenjang JPI Nasional

Menurut dia, tentunya kegiatan ini tidak berjalan lancar tanpa dukungan beberapa pihak, adapun kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas Malinau dan LAZISMU HSS.

Pihaknya sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Puskesmas Malinau karena telah membantu dan mendukung demi terselenggaranya kegiatan ini, berupa bantuan obat-obatan dan tenaga medis.
 
Khitanan massal dari program KKN-DR Malinau, STAI Darul Ulum Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021