Batulicin, (Antaranews) – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berhasil meraih penghargaan DESTIKA (Desa Tekhnologi Informasi dan Komunikasi) Award tahun 2014.
 

Penghargaan itu sendiri diraih Tanbu setelah sebelumnya ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo RI sebagai daerah dengan kategori website desa terbaik dan website desa terbanyak tingkat nasional.
 
“Penghargaan DESTIKA Award diraih Pemkab Tanah Bumbu saat mengikuti Festival Destika Tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Kominfo RI di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat belum lama tadi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Tanbu, Eka Safrudin pada saat mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Said Akhmad  saat menerima penghargaan Destika Award tahun 2014 yang diserahkan oleh Kabid Telematika dan Aplikasi Telekomunikasi, Dishubkominfo Kalsel, Saiful Fahri di Batulicin Selasa (11/11) pekan lalu.
 
Berdasarkan evaluasi tim penilai tersebut, jumlah desa di Tanbu yang mengelola informasi dan komunikasi melalui website mencapai 105 desa. Kemudian desa yang ditetapkan sebagai desa terbaik dalam sistem pengelolaan website tersebut adalah Desa Batu Meranti, Kecamatan Sungai Loban.
 
Eka memaparkan, Pemkab Tanbu sangat mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih pemerintah Desa Batu Meranti yang turut mengharumkan nama daerah melalui ajang Festival Destika Award 2014 di tingkat nasional.
 
Keberhasilan Desa Batu Meranti diharapkan menjadi contoh dan motivasi bagi desa yang lain agar dapat  melakukan hal yang sama dan lebih baik lagi dalam mengelola sistem informasi guna mendorong pelaksanaan program pembangunan daerah.
 
Sementara itu, Sekda Tanbu Said Akhmad mengatakan keberhasilan Desa Batu Meranti meraih penghargaan Destika Award dengan kategori website desa terbaik merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat desa setempat dalam membangun daerah dengan cara menampilkan dan menginformasikan pelaksanaan program pembangunan desa melalui website secara update, sehingga pengelolaan pemerintahan desa dapat diketahui oleh masyarakat luas tidak hanya di Tanah Bumbu tapi juga luar daerah.
 
Terpisah Bupati Tanbu, Mardani H Maming menyatakan sistem pengelolaan informasi dan komunikasi berbasis tekhnologi website atau internet adalah wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat demi tercapainya pemerataan pembangunan dan pengelolaan sistem pemerintahan desa yang lebih transparan.
 
Komitmen ini sebelumnya juga sudah diwujudkan dengan membentuk TIM IT pada tahun 2012 yang setiap anggotanya ditugaskan untuk mengelola seluruh jaringan website di setiap instansi pemerintah daerah.
 
Sistem penyebarluasan informasi melalui website, diharapkan lebih mampu menyebarluaskan informasi kemajuan pembangunan daerah khususnya dari setiap pemerintahan desa yang ada.
 
“Saat ini informasi menjadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat khususnya yang ada di perdesaan dalam upaya mempercepat pelaksanaan program pembangunan bagi masyarakat ke depan,” katanya.  (Adv/Relhum)

Pewarta: Suryanto/Sujud Marino

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014