Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry melakukan tanam perdana aren genjah secara simbolis dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian setempat, dan Camat Padang Batung Heri Utomo, di Desa Jambu Hulu, Kecamatan Padang Batung.

Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, di Jambu Hulu, Selasa (1/12), mengatakan kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan hibah bibit aren genjah, bibit kelapa genjah, bibit karet ungul okulasi, bibit kayu manis.

"Selain itu juga diserahkan Pupuk Majemuk Lengkap Tablet (PMLT) dan herbisida, kepada 13 kelompok tani perkebunan yang tersebar di 12 desa dan tujuh  kecamatan di Kabupaten HSS," katanya, dalam laporan.
 
Tanam perdana Areh Genjah dan penyerahan bantuan pertanian (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Poktan Budi Bakti Gambah Dalam Darat syukuran tanam padi organik

Dijelaskan dia, penyerahan bantuan bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan terutama komoditas karet, kelapa ganjah, kayu manis dan aren dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat yang mengelola perkebunan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry, mengatakan bantuan bibit yang di serahkan sesuai dengan potensi alam masing masing, dan ini merupakan upaya pemerintah untuk mendukung petani untuk berkebun, untuk mendorong kesejahteraan petani.

"Di Desa Jambu Hulu kebetulan aren, di Loksado ada kayu manis, karet dan kelapa, mudah-mudahan apa yang telah diberikan pemerintah ini bisa mereka manfaatkan dengan baik karena pada waktunya nanti akan menghasilkan dan tentu akan meningkatkan pendapatan mereka,” katanya.
 
Tanam perdana Areh Genjah dan penyerahan bantuan pertanian (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS hadiri syukuran panen raya padi rawa

Ditambahkan dia, ke depannya agar Dinas Pertanian Kabupaten HSS dapat terus berinovasi, dalam mengembangkan kearifan lokal petani yang ada di Kabupaten . HSS.

Turut berhadir, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS, Kepala Dinas Perdagangan HSS, Danramil Padang Batung, Kapolsek Padang Batung, Kepala Balai Penyuluh Kecamatan Padang Batung, Kepala Desa Jambu Hulu dan Ketua Kelompok Tani penerima bantuan bersama anggota.
 
Tanam perdana Areh Genjah dan penyerahan bantuan pertanian (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020