Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry menghadiri syukuran tanam padi organik Sistem Budidaya Padi dan Ternak Itik (Sibpatik) dengan Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, yang dilaksanakan di Gudang Beras Poktan Budi Bakti.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor, mengatakan pembangunan embung bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pertanian, pembangunan embung ini merupakan salah satu inovasi, bagaimana menyediakan air pada lahan tadah hujan.

"Diharapkan di lahan tersebut dapat melaksanakan tanam dua kali, kemudian tanam padi organik dan budidaya itik dalam rangka meningkatkan pendapatan petani dengan cara memaksimalkan lahan yang ada," katanya, Senin (23/11).

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan juga telah melepas itik, meresmikan embung, meresmikan sumur bor dan juga mulai menanam padi dan yang cukup menarik karena ada embung, ini bisa mengatur tanam dan bersyukur di sini ada tanam padi organik.
 
Penandatangan prasasti pembangunan embung  (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati HSS hadiri syukuran panen raya padi rawa

Dinas di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyerahkan ke pihaknya, dan diserahkan kemudian ke kelompok tani, artinya sudah diakui bahwa padi ini sudah berlabel padi organik.

Dan dengan semakin banyak memfasilitasi petani, tentu petani akan semakin bisa menjadi lebih baik lagi, dengan cara-cara inilah pemerintah bisa mendorong petani untuk meningkatkan pendapatan.

Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, mengatakan pupuk organik cair 1003 adalah merupakan wujud sumbangsih dalam rangka membantu Pemkab HSS. Pupuk ini dibuat oleh anggota Danramil Simpur Kapten Abdi Wirawan yang bahannya semua dari bahan organik.

"Pupuk ini sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel dan dari hasil lab itu disampaikan bahwa pupuk ini sangat bagus untuk memelihara kondisi tanahnya," katanya.

Dalam kegiatan ini , dilakukan pelepasan itik kemudian peresmian pembangunan embung dan tanda tangan prasasti oleh Bupati HSS serta tanam padi yang dilaksanakan bersama Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, unsur Forkopimda HSS, dan Kasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel H. Zainul Arifin.
 
Penyerahan bantuan Power Thresher untuk beberapa poktan (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Bupati dan Wabup HSS panen buah di kebun PKK

Selain Syukuran Tanam Padi Organik Sibpatik,  dirangkai dengan penyerahan sertifikat organik, pupuk organik cair, pupuk hayati padat, dan pestisida biologi, penyerahan Power Thresher.

Para penerima bantuan  Power Thresher, antara lain Poktan Danau Desa Amawang Kanan, Poktan Aslan Desa Amawang Kanan, Poktan Suka Maju Desa Pandulangan, Poktan Purnama Karya Desa Tanah Bangkang, dan Poktan Budi Makmur Desa Paring Agung.

Juga diserahkan Pupuk Hayati Padat dan Pestisida Biologi kepada Poktan Tunas Harapan Desa Padang Batung. Adapun Pupuk Organik Cair diserahkan oleh Dandim 1003 Kandangan kepada Nengwang Sakarti Desa Gambah Luar Muka dan Kelompok Tani Harapan Maju.

Terakhir, penyerahan sertifikat organik oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinisi Kalsel kepada Bupati HSS, dan oleh Bupati HSS diserahkan kembali kepada Poktan Budi Bakti.
 
Penyerahan bantuan pupuk organik (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020