Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1, Ustadz H Fakih Jarjanji - Abu Yazid Bustami (FAYA) menawarkan beragam prioritas pembangunan daerah apabila terpilih di Pilkada Hulu Sungai Tengah (HST), yang selaras dengan program pembangunan nasional.

Calon Wakil Bupati HST, Abu Yazid Bustami, mengatakan pelaksanaan pembangunan harus selaras antara kabupaten dengan provinsi dan nasional, dan kalau melihat dimana kaitan itu, maka perlu juga melihat apa yang menjadi prioritas pembangunan nasional.

"Apa yang menjadi prioritas pemerintah provinsi dan pusat, dan akhirnya apa yang kita tawarkan agar program pembangunan daerah kita ini nyambung dengan apa yang sudah menjadi prioritas program nasional dan provinsi," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Berangkat dari pengalaman di pemerintahan, Fakih-Yazid ingin sejahterakan masyarakat

Dijelaskan dia, salah satu prioritas nasional adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih tepat, dan ini telah sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam visi misi  dan program paslon FAYA.

Pertama, akan meningkatkan produktivitas produksi pertanian serta mengembangkan agribisnis pertanian, kedua, pengembangan UMKM dan yang ketiga, memfasilitasi pengembangan ekowisata di Kabupaten HST.

Selain itu, prioritas nasional yang lain adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di program paslon meliputi pemberian beasiswa kepada anak-anak miskin dan berprestasi, memberikan beasiswa juga kepada para dokter, terus pendidikan vokasional keterampilan bagi generasi muda.

Baca juga: Paslon Fakih-Yazid berkomitmen pantang berpolitik uang di Pilkada HST

"Keempat, akan mengirim dan memberikan beasiswa kepada santri-santri yang akan melanjutkan ke luar negeri, dan reformasi birokrasi akan dicoba untuk menata birokrasi, baik secara kelembagaannya, ketatalaksanaan nya maupun organisasinya," katanya.

Ditambahkan dia, tidak lupa pula pihaknya juga akan menaikkan tunjangan aparatur, juga untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para untuk guru-guru agama, ustadz-ustadzah yang mengajar di TK Al Qur'an.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020