Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama Wakil Bupati Syamsuri Arsyad mengikuti Shalat Jumat pertama di tengah pandemi COVID-19, setelah dikeluarkannya himbauan bersama Pemkab HSS dan MUI HSS untuk kembali melaksanakan shalat Jum'at berjamaah, di Masjid Al-Hidayah Kapuh.

Ia mengatakan, Pemkab HSS bersama MUI akhirnya mengizinkan kembali melaksanakan shalat Jumat maupun salat berjamaah lima waktu, setelah beberapa bulan diberhentikan sementara, karena untuk penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten HSS.

"Kita bersyukur dan sangat berterimakasih kepada MUI HSS yang sudah sangat membantu pemerintah dengan memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat, sehingga dapat membatasi penyebaran virus di HSS, yang mana saat ini trendnya sudah melandai," katanya, Jum'at (13/11).

Baca juga: Monev penanganan pandemi COVID-19 di HSS

Ketua MUI HSS TGH M Riduan Baseri, menjelaskan bahwa himbauan bersama ini dikeluarkan berdasarkan hasil rapat antara Tim Satgas Percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten HSS, dengan praktisi kesehatan dan juga komisi Fatwa MUI HSS.

Dijelaskan dia, sangat bersyukur dari hasil keterangan ahli kesehatan yang kompeten dan kredibel, untuk angka rata-rata reproduksi virus di HSS berada di bawah angka sangat rendah.

Dan ini menjadi indikator terkendalinya penyebaran COVID-19 di Kabupaten HSS, itulah juga yang kemudian menjadi pedoman bersama sehingga himbauan ini dapat dikeluarkan.

Baca juga: Dandim Kandangan : Kalsel berada di tiga besar nasional kesembuhan tertinggi COVID-19

"Kendati kondisi demikian, penyebaran COVID-19 sudah terkendali, namun untuk mempertahankannya tetap harus dengan kedisiplinan dalam mentaati dan menerapkan protokol kesehatan terutama Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak minimal satu meter (3M)," katanya.

Ditambahkan dia, semoga apa yang dilaksanakan ini akan menjadi contoh bagi yang lain, sekarang memang sudah boleh dilaksanakan shalat Jum'at dan shalat berjamaah tetapi tetap dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020